Image of NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID YANG TERKANDUNG DALAM AYAT MUHKAMAT DAN MUTASYABIHAT (Kajian Tafsir Surah Ali Imran Ayat 7)

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID YANG TERKANDUNG DALAM AYAT MUHKAMAT DAN MUTASYABIHAT (Kajian Tafsir Surah Ali Imran Ayat 7)



Latar belakang masalah penelitian ini adalah tingkat kebutuhan umat manusia terhadap ilmu tentang ayat-ayat Al-Quran.Oleh karena itu,semakin jauh dari masa diturunkannya Al-Quran,semakin banyak pula ilmu yang dibutuhkan agar dapat memahami Al-Quran semaksimal mungkin karena ikhtiar manusia dalam memahami pesan ilahi hanya bisa mencapai tingkat pemahaman relatif dan tidak bisa mencapai pemahaman yang absolut.Begitu juga dalam upaya mengungkap kandungan Al-Quran yang siap menjadi kitab ajaran yang sesuai menuntun dengan arah yang baik pada perkembangan kehidupan manusia.
Didalam Al-Quran terdapat ayat Muhkamat yang menjadi sumber segala hukum bagi kehidupan dan ayat Mutasyabihat yang harus diimani ketika tidak dapat menemukan makna sebenarnya,maka perlu kembali kepada sumber ajaran islam jika terjadi permasalahan.Peneliti memilih kajian surah Ali-Imran ayat 7 sebagai obyek penelitian ini,sebab di dalamnya terdapat ayat muhkamat dan mutasyabihat yang mengandung nilai-nilai pendidikan tauhid.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta mendapatkan data dan fakta mengenai nilai-nilai pendidikan tauhid dalam ayat Muhkamat dan Mutasyabihat, sehingga dapat menjawab permasalahan tentang nilai-nilai pendidikan tauhid dalam ayat Muhkamat dan Mutasyabihat secara mendalam. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian perpustakaan (library research), dimaksud untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan menentukan tindakan yang akan diambil dalam kegiatan ilmiah. Dalam penelitian ini data diolah dan digali dari berbagai buku, surat kabar, majalah dan beberapa tulisan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan: Pertama, nilai-nilai pendidikan tauhid mengenai keimanan yang terdiri dari (1) Iman kepada Allah. (2) Iman kepada Malaikat Allah. (3) Iman kepada Rosul Allah. (4) Iman kepada Kitab Allah. (5) Iman kepada Hari Akhir. (6) Iman kepada Qadha dan Qadhar Allah. Kedua, Nilai-nilai tauhid yang berhubungan dengan ibadah sebagai bukti dari keimanan. Diantara pokok ibadah tersebut adalah (1) Shalat. (2) Zakat. (3) Puasa. (4) Haji.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-336
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya