Image of PENERAPAN METODE HALAQAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA PEMBELAJARAN KITAB

Text

PENERAPAN METODE HALAQAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA PEMBELAJARAN KITAB



PENERAPAN METODE HALAQAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA PEMBELAJARAN KITAB (Penelitian Di Pondok Pesanren Miftahul Khoir Sukasukur Cisayong Kabupaten Tasikmalaya)
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang efektifnya penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh kyai dan ustadz di Pondok Pesantren Miftahul Khoer karena hanya membaca suatu kitab kuning tertentu tanpa dijelaskan maksud isi yang terkndung didalamnya. Sehingga suatu pembelajaran yang diharapkan dapat menjadikan santri bukan sekedar mengetahui tetapi juga memahami esensinya justru menjadi tidak tercapai. Tujuaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan metode halaqah terhadap peningkatan hasil belajar sanri pada pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Sukasukur Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif.Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara,kuesioner / angket,dan observasi partisipatif.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode halaqah terhadap peningkatan hasil belajar santri pada pembelajaran kitab di Pondok pesantren Miftahul khoir digunakan pengujian analisis statistik SPSS 16 for windows.Berdasarkan hasil pengujian analisis variabel X yaitu penerapan metode halaqah,dengan variabel Y adalah peningkatan hasil belajar santri pada pebelajaran kitab di Pondok pesantren Miftahul khoir dengan menggunakan taraf signifikansi 0,1 atau 10% diperoleh korelasi yang sedang karena p value < 0,1 sebesar 0,068 < 0,1 dan r (R Square) diperoleh sebesar 0,114 artinya pengaruh penerapan metode halaqah terhadap hasil belajar di Pondok Pesantren Miftahul khoir adalah 11,4%.Sedangkan 88,6% peningkatan hasil belajar santri dalam pembelajaran kitab dipengaruhi oleh faktor lain.Selain itu,uji signifikansi yang diperoleh adalah t hitung>tabel = 1,896>1,701.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-001
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya