Image of PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN LAYANAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR

Text

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN LAYANAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR



Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjabarkan peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan pembelajaran saintifik di SD Negeri 01 Setiamulya Tahun 2018 (2) Pelaksanaan melalui pendekatan saintifik di SD Negeri 01 Setiamulya dan (3) Mengidentifikasi peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan pembelajaran saintifik dikelas V SD Negeri 01 Setiamulya tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari transkrip dari kusioner dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan kepala sekolah SD Negeri 01 Setiamulya. Teknik pengupulan data menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumen.Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan pembelajaran saintifik dikelas V SD Negeri 01 Setiamulya adalah sebagai berikut a. Memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif,serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa,kreativitas,serta kemandirian sesuai dengan bakat,minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa b. Mengembangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran c. Menggunakan berbagai variasi model pembelajaran d. Mengembangkan potensi kognitif siswa dala pebelajaran. (2) Pelaksanan pembelajaran melalui pendekatan saintifik di SDN 1 Setiamulya adalah dengan mengamati,menanya,mencoba,menalar da mengumpulkan informasi serta mengkomunikasikan dan menyimpulkan hasil diskusi selama pembelajaran. (3) Peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan pembelajaran saintifik dikelas V SD Negeri 01 Setiamulya yaitu dengan menumbuhkan semangat siswa untuk belajar bekerja sama antar siswa dalam kelas. Proses pembelajaran harus memungkinkan tumbuh berkembang dan terpupuknya saling pengertian dalam mengembangkan hubungan antar manusia secara intensif dan berkesinambungan (Oemar Hamalik, 2001:196). Sejalan dengan itu Moh As'ad (1986:150) menjelaskan bahwa dimmensi ini menggambarkan sejauh mana seorang guru memberi batasan dan memberi struktur terhadap perannya dan peran siswanya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam memberikan pelayanan pada siswa,seorang guru hendaknya mampu mengkombinasikan antara orientasi pelaksanaan tugas dengan orientasi pada persahabatan. Orientasi pertama sangat terkait dengan profesionalisme guru dalam menjalankan tugas sebgai penyampapi ilmu pengetahuan,pembimbing kepribadian siswa dan pelatih siswa dalam mengembangkan keterampilannya dengan melalui pendekatan pembelajaran saintifik.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-009
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya