Image of UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF (PENELITIAN PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RAUDLATUL QUR'AN KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA)

Text

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF (PENELITIAN PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RAUDLATUL QUR'AN KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA)



Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa dekadensi moral semakin merajalela di negeri ini,dikalangan masyarakat,kaum muda,bahkan termasuk para siswa. Beberapa tindakan negatif yang sudah menjadi hal yang biasa oleh sebab itu pendidikan sikap serta nilai yang ada dalam diri manusia dikembangkan. Profesi guru sangat identik dengan peran mendidik seperti mebimbing,membina,mengasuh, ataupun mengajar.Guru harus memiliki upaya mengarahkan para siswa pada perilaku dan karakter yang positif agar memiliki potensi (nilai dalam diri) berupa fitrah sejak awal kehidupannya di dunia.Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah materi pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya 2) Bagaimanakah pelaksannan pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya 3) Bagaimana upaya guru dalam pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya? Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif,deskriptif,teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasai,wawancara,dn dokumentasi.Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data,reduksi data,display data dan penyajian data,data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimna analisis datanya dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk materi pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya ialah materi PAI yang memerlukan pengajaran,keteladanan dan refleksi akhlak,ibadah,dan aqidah.Poin terpenting dalam pendidikan karakter adalah mengajarkan anak untuk berprilaku sesuai dengan fitrahnya sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah. Pelaksanan pendidikan karakter diorganisasikan sedemikian rupa dengan menentukan tema dan materi yang akan disampikan,kemudian diimplementasikan baik dikelas maupun di luar kelas dengan menggunakan proses belajar peserta didik secara aktif dan berpusat pada anak,dilakukan melalui kegiatan di kelas,sekolahan dan masyaraka. Upaya guru di madrasah ibtidaiyah Raudlatul Qur'an Sukaratu merupakan oendidikan karakter melalui metode pengajaran,keteladanan dan refleksi. Pelaksanaan pendidikan karakter tersebut yaitu melalui penciptaan iklim (budaya) sekolah yang islami.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-010
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya