Image of PENGARUH PUASA SENIN KAMIS TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH PERSIS 67 BENDA KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PUASA SENIN KAMIS TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH PERSIS 67 BENDA KOTA TASIKMALAYA



Puasa Senin dan Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW karena pada hari Senin dan Kamis seluruh amal perbuatan itu di angkat dan Nabi suka ketika amal-amalannya diangkat ke hadapan Allah SWT dalam keadaan berpuasa. Dari pendapat Kh Abdullah Gymnastiar, beliau mengatakan bahwa puasa dapat mengendalikan emosi. Maka dapat dikatakan bahwa puasa Senin dan Kamis dapat mempengaruhi regulasi diri seseorang.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan pelaksanaan puasa Senin dan Kamis siswa kelas XII MA Persis 67 Benda Kota Tasikmalaya, 2) Untuk menjelaskan ada ada atau tidaknya pengaruh puasa Senin dan Kamis terhadap regulasi diri siswa kelas XII MA Persis 67 Benda Kota Tasikmalaya, 3) Untuk menjelaskan pengaruh puasa Senin dan Kamis terhadap regulasi diri siswa kelas XII MA Persis 67 Benda Kota Tasikmalaya.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penelitian Korelasional. Adapun teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment. Produk Moment Correlation adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel. Yang dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh puasa Senin dan Kamis terhadap regulasi diri.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Menurut hasil wawancara dengan ustadzah Eulis dsalah satu guru di MA Persis 67 Benda Kota Tasimalaya mengatakan bahwa pelaksanaan puasa Senin dan Kamis di kelas XII sudah cukup baik yaitu jika di presentase 60% siswanya melaksanakan puasa Senin dan Kamis, 2) Adanya Pengaruh antara puasa Senin dan Kamis terhadap regulasi diri siswa kelas XII MA Persis 67 Benda, menurut hasil analisis regresi linier sederhana menunjukan bahwa puasa Senin dan Kamis memiliki t hitung (5,119) > dari r tabel (0,521). Berdasarkan data tersebut puasa Senin dan Kamis berpengaruh terhadap regulasi diri. Pengaruh puasa Senin dan Kamis yaitu 33,6% sedangkan sisanya sebesar 66,4% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti, 3) Puasa Senin dan Kamis berpengaruh positif terhadap regulasi diri siswa kelas XII MA Persis 67 Benda yaitu dengan melakukan puasa Senin dan Kamis dapat melatih diri untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, disiplin waktu, menjaga perbuatan dari hal-hal yang tidak disukai oleh Allah dan Rasulnya serta dapat melatih kesabaran diri.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-011
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya