Image of HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG GHIBAH DENGAN AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA DI SEKOLAH

Text

HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG GHIBAH DENGAN AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA DI SEKOLAH



Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi dari guru pendidikan agama Islam bahwa dalam materi pelajaran tentang akhlak terhadap sesama manusia diharapkan siswa dapat memahami dan mengamalkannya dalam kehiupan sehari-hari. Adapun penelitian ini didasarkan adanya kesenjangan antara pemahaman siswa terhadap perilaku ghibah dengan akhlak mereka terhadap sesama manusia di sekolah. Dari keadaan di lapangan ternyata masih ada siswa yang berpribadian kurang baik. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang sering kali berghibah tentang guru maupun teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang ghibah, untuk mengetahui akhlak siswa di sekolah, dan untuk mengetahui hubungan pemahaman siswa terhadap perilaku ghibah dengan akhlak sesama manusia di sekolah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa akhlak siswa terhadap sesama manusia di sekolah dipengaruhi oleh pemahaman siswa terhadap perilaku ghibah. Berdasarkan pemikiran tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi pemahaman siswa terhadap perilaku ghibah maka akan semakin tinggi pula akhlak baik terhadap sesama manusia disekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,tes,wawancara dan angket. Sampel penelitian ini sebanyak 72 orang siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui pendekatan parsial dan korelasional. Hasil analisis data menyatakan bahwa realitas pemahaman siswa terhadap perilaku ghibah termasuk kategori baik dengan skor 76.38, angka tersebut berada pada daerah interval 70-79. Realitas Akhlak siswaa terhadap sesama manusia di sekolah, mempunyai akhlak cukup baik dengan mencapai nilai 3.35 termasuk kualifikasi sedang berada di daerah interval 2.6 - 3.5. Adapun hubungan dua variabel mempunyai hubungan yang signifikan 0.53 dengan t hitung > t tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan berdasarkan uji hipotesis harga t hitung sebesar 5.18 dan t tabel 1.99. Sedangkan derajat pengaruhnya adalah 15% yang berarti ada 85% faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa terhadap sesama manusia disekolah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-013
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya