Image of PERAN WALI KELAS SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (STUDI KASUS DI KELAS VII D MTS NURUL HUDA TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA)

Text

PERAN WALI KELAS SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (STUDI KASUS DI KELAS VII D MTS NURUL HUDA TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA)



Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa wali kelas adalah guru yang diberi kepercayaan oleh kepala sekolah untuk mengelola kelas dan mengendalikan siswa dalam proses belajar mengajar . Oleh karena itu peran wali kelas sangat penting dalam membina dan memotivasi pada siswanya untuk membangun kreativitas belajar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah peranan wali kelas sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya ? 2) Bagaimanakah kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI dan 3) Bagaimanakah kendala-kendala wali kelas dalam memotivasi siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui peranan wali kelas sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya 2) Mengetahui kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI dan 3) Mengetahui kendala-kendala wali kelas dalam memotivasi siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif mengembangkan konsep yang didasarkan atas data yang bersifat induktif dan lebih mengutamakan proses dari pada hasil. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif,yaitu serangkaian proses pengumpulan data,menganalisis data,menginterpretasikan data serta menarik kesimpulan yang berkenaan dengan data. Setelah diadakan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa wali kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya telah menjalankan perannya sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pengelola kelas yang dilakukannya,keterbukaan dan rasa empati,dukungan dan berfikir positif serta sikap kesetaraan dalam memperlakukan siswa telah membangkitkan motivasi kreativitas belajar siswa. Kreativitas belajar siswa kelas tersebut pada mata pelajaran SKI dikatakan cukup baik.Hal ini dibuktikan dengan pernyataan 68,40% (18 responden) memberikan tanggapan positif terhadap kreativits belajar pada mata pelajaran SKI dan 31,60% (9 responden) memberikan tanggapan negetif terhadap krestivitas belajar pada mata pelajaran SKI. Ada dua hal pokok yang menjadi kendala bagi wali kelas dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran SKI yaitu metodologi dan strategi pembelajran yang digunakan oleh guru dianggap monoton oleh siswa dan sarana pra sarana yang kurang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-015
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya