Image of KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di SMPN 1 CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS)

Text

KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di SMPN 1 CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS)



Belum tercapainya tujuan pendidikan nasional, bobroknya moralitas bangsa dan materi yang menekankan asfek kognitif, mengesampingkan asfek afektif dan psikomotorik. Mempersiapkan era globalisasi dengan mempersiapkan generasi emas. Inovasi kurikulum menjadi jalan keluar dengan melaunching kurikulum baru. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam 2) untuk mengetahui apa faktor pendukung implementasi kurikulum 2013 3) untuk mengetahui apa faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 4) untuk mengetahui kesiapan guru mata pelajaran PAI terhadap implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar guru agama islam di SMPN 1 Cihaurbeuti. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil menunjukkan 1) Pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cihaurbeuti dinyatakan telah berjalan dengan baik. 2) faktor pendukung menjadi nilai plus dalam implementasi kurikulum 2013. 3) adapun hambatan di dalam implementasi kurikulum 2013 mampu diatasi dengan kreativitas guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam. 4) kesiapan guru PAI di SMPN 1 Cihaurbeuti terhadap implementasi kurikulum 2013 yang terdiri dari kesiapan pedagogik dan kesiapan profesional guru pendidikan agama islam dinyatakan siap dalam rentan nilai >dari 80%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-024
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya