Image of PANDANGAN AL-QUR'AN DAN AL-HADITS TERHADAP PERAN GURU SEBAGAI EDUCATOR, MANAGER, ADMINISTRATOR, SUPERVISOR, LEADER, INOVATOR, MOTIVATOR, DINAMISATOR, EVALUATOR, FASILITATOR

Text

PANDANGAN AL-QUR'AN DAN AL-HADITS TERHADAP PERAN GURU SEBAGAI EDUCATOR, MANAGER, ADMINISTRATOR, SUPERVISOR, LEADER, INOVATOR, MOTIVATOR, DINAMISATOR, EVALUATOR, FASILITATOR



Mengajar tidak bisa disamakan dengan keinginan mengejar jabatan atau promosi karir, karena memang dalam tugas tersebut, seorang guru adalah lebih mulia dan lebih luhur dari profesi yang lain. Banyak guru yang datang ke kelas sekedar memberikan materi dan setelah itu merasa tugasnya selesai. Padahal tugas guru itu sangat banyak diantaranya educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, monivator, disaminator, evaluator, dan fasilitator. Pendidikan harus menggunakan Al-Qur'an dan hadits sebagai sumber utama dalam merumuskan berbagai teori tentang pendidikan islam dan pendidikan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan Al-Qur'an dan hadits tentang peran guru sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, monivator, disaminator, evaluator, dan fasilitator. Adapun metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan pendekatan kepustakaan(library research). Hasil penelitian tentang peran guru sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, monivator, disaminator, evaluator, dan fasilitator menurut Al-Qur'an dan hadits adalah membimbing, mengajar, menjadi teladan, memberikan nasihat kepada para peserta didik, melalukan perencanaan, mencatat dan mengevaluasi setiap kegiatan selama proses pembelajaran, menindaklanjuti setiap hasil pengawasan dan pemantauan , mengarahkan peserta didik menuju arah yang lebih baik, menjadi contoh kominmen antara ucapan dan tindakan, serta berbuat adil dan bijaksana terhadap peserta didik dalam hal apapun, menemukan metode belajar yang menyenangkan dan efektif, serta mampu mendayagunakan sumber belajar yang ada, mampu memotivasi peserta didk untuk semangat dalam belajar dengan cara memberikan hadiah kepada peserta didik yang berprestasi totalitas dalam mengajar, memberikan kemudahan kepada peserta didik. Seorang guru muslim yang baik, sepatutnya mengamalkan Al-qur'an dan hadits sebagai acuan menjadi guru yang profesional.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-028
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya