Image of PENGARUH MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ'AMMA SISWA KELOMPOK A
(Penelitian di RA. Mu'min Ma'shum Kel. Sukajaya Kec. Purbaratu Kota Tasikmalaya)

Text

PENGARUH MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ'AMMA SISWA KELOMPOK A (Penelitian di RA. Mu'min Ma'shum Kel. Sukajaya Kec. Purbaratu Kota Tasikmalaya)



Juz 'Amma merupakan Al-Qur`an yang diantara nya memuat beberapa surat pendek yang lazim di hafal oleh umat mukmin di dunia yang didalamnya berisikan ajaran serta tuntunan terlengkap untuk seluruh umat terdahulu, kini dan sampai akhir jaman. Setiap mukmin yang mempercayai Al-Qur'an mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya itu, diantara kewajiban dan tanggung jawab itu ialah mempelajarinya dan mengajarkannya. Minat peserta didik dalam belajar, khususnya belajar menghafal Juz 'Amma akan menjadi baik apabila guru senantiasa memberikan motivasi menumbuhkan minat peserta didik untuk belajar menghafal Juz 'Amma. Oleh karena itu penelitian ini menyangkut masalah (1) Bagaimana pelaksanaan pemberian motivasi guru kelompok A di RA. Mu'min Ma'shum (2) Bagaimana pembelajaran hafalan Juz 'Amma kelompok A di RA Mu'min Ma'shum (3) Bagaimana pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan hafalan Juz'Amma kelompok A di RA Mu'min Ma'shum. Tujuan penelitian ini diarahkan pada hasil penelitian lapangan untuk mendapatkan data yang sebenarnya tentang pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan hafalan Juz 'Amma kelompok A di RA Mu'min Ma'shum Kelurahan Sukajaya Kecamatan Purbaratu. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Al-Qur'an adalah sebuah jawaban dari Allah SWT yang menggunakan dimensi-dimensi kemanusiaan, kekinian, dan keduniawian agar mudah untuk dipelajari, dipahami, diamalkan, dipertahankan keberadaannya, sebab ternyata merupakan suatu kekuatan yang bersifat memproyeksi masa depan, kesempurnaan dan keabadian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Deskriptif dan data yang dikumpulkan data kuantitatif berupa angka-angka dan data tertulis yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Analisis dilakukan dengan cara megolah data angket dengan menggunakan skala likert, menentukan skor tiap jawaban pertanyaan, serta menentukan skor kriteria. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengaruh motivasi yang di berikan oleh guru terhadap peningkatan hafalan Juz 'Amma adalah sebesar 5% dan sisanya sebesar 95% merupakan faktor luar dari motivasi pembelajaran hafalan Juz 'Amma siswa, dan termasuk kategori rendah


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-037
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya