Image of PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT IBADUROHMAN BOARDING SCHOOL KOTA TASIKMALAYA

Text

PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT IBADUROHMAN BOARDING SCHOOL KOTA TASIKMALAYA



Orang tua berperan sangat penting dalam kemajuan seorang anak. Tanpa disadari orangtualah yang menciptakan generasi penerus bangsa paling utama daripada pihak lain. Karena orangtua merupakan madarasah pertama daripada yang lain. Supaya terciptanya suatu pendidikan yang baik, maka seluruh stakeholder harus saling keterkaitan khususnya setiap orangtua diharuskan bisa membimbing dan mengarahkan anaknya. Dengan demikian anak akan terawasi sehingga prestasi siswa bisa meningkat. Adapun metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian tentang peranan orang tua terhadap motivasi belajar anak pada mata pelajaran PAI di SMP IT Ibadurohman boarding school kota tasikmalaya metode yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar. Menurut orangtua siswa SMP-IT Ibadurohman yaitu dengan cara memberikan arahan dan bimbingan supaya giat belajar, memberikan fasilitas dan sarana penunjang belajar, memilih sekolah yang memiliki sistem pembelajaran yang baik, memberikan dorongan motivasi belajar, selalu mendo'akan anaknya, memberikan perhatian khusus dan memberikan penjelasan kepada anak tentang pentingnya belajar. Orang tua sangat berperan penting terhadap pemberian motivasi belajar kepada peserta didik. Orang tua memberikan dorongan agar anak lebih bersemangat dalam belajar untuk menggapai cita-cita. Salah satu cara peran orang tua terhadap motivasi belajar yaitu dengan pemberian reward dan pemberian fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Hasil dari perhatian tersebut anak akan lebih mudah mendapatkan prestasi. Faktor yang dapat menghambat motivasi belajar menurut responden yaitu: kurangnya fasilitas yang diberikan, kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua peserta didik, kurang diperhatikannya managemen waktu, kurangnya inovasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan sehingga menjadikan anak merasa jenuh, kuranya kedisiplina dan kurang diterapkanya fasilitas informatika dalam lembaga pendidikan. Adapun faktor yang mendukung motivasi belajar anak adalah pemberian fasilitas untuk belajar dan dorongan dari orangtua peserta didik. Dengan cara tersebut akan menjadi lebih mudah dalam meningkatkan motivasi belajar anak.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-046
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya