Image of INTENSITAS SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MASYARAKAT HUBUNGANNYA DENGAN AKHLAK SEHARI-HARI DI SEKOLAH
(Penelitian di Kelas VII SMP IT Assalam Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut)

Text

INTENSITAS SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MASYARAKAT HUBUNGANNYA DENGAN AKHLAK SEHARI-HARI DI SEKOLAH (Penelitian di Kelas VII SMP IT Assalam Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut)



Betapa pentingnya pendidikan bagi kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan pendidikan nasional suatu bangsa menggambarkan manusia yang baik menurut pandangan hidup, suatu bangsa mungkin tidak akan sama dengan bangsa lainnya, karena pandangan yang dianut oleh bangsa itu dan tujuan pendidikan hidup mereka biasanya tidak akan sama. Tetapi pada dasarnya tujuan pendidikan setiap bangsa tentu sama, yaitu semua menginginkan terwujudnya manusia yang baik yaitu manusia yang sehat, kuat serta mempunyai keterampilan, pikirannya cerdas serta pandai, dan hatinya berkembang dengan sempurna. Karena pendidikan tidak hanya menciptakan generasi yang cerdas secara intelektual saja, tapi juga generasi yang mempunyai akhlakul karimah serta santun dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP IT Assalam kecamatan Tarogong Kidul, dan perilaku atau akhlak siswa di kelas VII SMP IT Assalam Kecamatan Tarogong Kidul, serta pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di kelas VII SMP IT Assalam Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melalui angket, wawancara, dan study kepustakaan. Untuk penelitian angket dan wawancara, dilakukan kepada 48 orang responden di kelas VII SMP IT Assalam kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, yang dijadikan sampel. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan rumus diatas diperoleh bukti bahwa Realitas hubungan antara intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di masyarakat dengan akhlak sehari-hari di sekolah menunjukkan korelasinya sempurna, hal ini terbukti dari hasil perhitungan korelasi yang mencapai 5,8. Koefisien korelasi sebesar ini berada pada interval ± 0,81 - ± 1,00. Adapun besarnya pengaruh perubahan antara variabel x dan variabel y pada penelitian ini adalah sebesar 5%. Hal ini berarti terdapat 95% faktor lain yang mempengaruhi akhlak sehari-hari di sekolah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-050
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya