Image of PENGARUH BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS

Text

PENGARUH BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS



Pendidikan merupakan usaha yang terarah dengan mengembangkan kepribadian dan kemampuan belajar peserta didik baik dari segi kognitif, efektif maupun psikomotorik. Meningkatkan kemampuan belajar peserta didik perlu adanya metode belajar guna memproduksi pembelajaran yang unik dan menarik, namun tetap saja meski metode pembelajaran terutama dalam pembelajaran di terapkan minoritas peserta didik belum memahami materi yang disampaikan dan merasa jenuh ketika metode itu diterapkan dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran itu terdapat hafalan Al-Qur'an dan Hadits. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan metode Brain Gym dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebelumnya kurang dari angka 70. Hasil observasi yang telah dilakukan penelitan mengenai brain gym,peserta didik yang diteliti yaitu peserta didik kelas XI MIA Madrasah Aliyah Nurul Falah Kota Tasikmalaya tidak mengetahui apa itu brain gym dan bagaimana cara menggunakannya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan brain gym dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya brain gym pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits di kelas XI MIA Madrasah Aliyah Nurul Falah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik di kelas XI MIA Madrasah Aliyah Nurul Falah Kota Tasikmalaya mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits Semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang peserta didik. Metode yang dilakukan penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan True Experimental Design. Data-data yang dikumpulkan berupa hasil tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test,maka nilai Z yang didapat sebesar -0.736 dibulatkan menjadi -0,74. Setelah dilihat tabel Z, ternyata nilainya adalah 0,22965. Dalam artian Z hitung < Z tabel,yakni -0,736 < 0,22965. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan antar pretest dan posttest. Jadi hipotesis akhir dari penelitian ini adalah Ho yaitu tidak terdapat pengaruh brain gym terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits Madrasah Aliyah Nurul Falah Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-063
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya