Image of AKTUALISASI KONSEP EKONOMI ISLAM MENURUT UMAR BIN KHATTAB

Text

AKTUALISASI KONSEP EKONOMI ISLAM MENURUT UMAR BIN KHATTAB



Penelitian ini berawal dari pemikiran Umar tentang pengembangan ekonomi yang berhasil diterapkannya pada masa pemerintahannya, ekonomi yang berlandaskan keuangan yang sehat akan membantu terciptanya negara yang kuat yang kemudian dapat mencapai tujuan dari sistem ekonomi melalui perjuangan yang terus-menerus dari pemerintah dan rakyat sesuai dengan kemampuan yang ada.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu data yang peneliti ambil dari kitab-kitab dan buku-buku literature lain yang relevan dengan penelitian ini.
Dari penelaahan yang dilakukan penulis tentang konsep ekonomi pada masa Umar Ibn al-Khattab bahwa peranan Umar sebagai kepala negara dan pemerintahan dalam pengembangan ekonomi antara lain adalah Merealisasikan kesejahteraan umat dan meningkatkan tingkat penghidupan umat adalah tuntutan dalam syari'ah. Pengembangan ekonomi yang seimbang dan merata. mengembangkan ekonomi merupakan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sesungguhnya politik mengembangkan ekonomi yang berdampak pada bertambahnya pemasukan itu menjadi tidak benar jika berakibat terhadap rusaknya nilai-nilai dan prinsip Islam. Dan pengembangan ekonomi tidak boleh terlepas dari prinsip dan aturan syari'ah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-082
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya