Image of PENGARUH INFLASI, KURS, SBI TERHADAP PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2016

Text

PENGARUH INFLASI, KURS, SBI TERHADAP PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2016



Pendanaan investor merupakan salah satu kebutuhan perusahaan yang penting bagi keberhasilan usaha suatu perusahaan. Dikatakan penting karena fungsi inilah yang melakukan usaha untuk mendapatkan dana. Baik perusahaan besar maupun kecil membutuhkan dana untuk menjalankan kegiatan usahanya. Dana yang dibutuhkan bisa diperoleh baik melalui pendanaan dari dalam perusahaan (modal sendiri) maupun pembiayaan dari luar perusahaan (dari pihak lain atau investor). Sumber pendanaan eksternal diperoleh perusahaan dengan melakukan pinjaman kepada pihak lain atau menjual sahamnya kepada masyarakat di pasar modal.
Dalam investasi, inflasi yang tinggi mengakibatkan investor lebih berhati-hati dalam memilih dan melakukan transaksinya, sehingga investor cenderung menunggu untuk berinvestasi sampai keadaan perekonomian kondusif, nilai tukar rupiah terhadap mata uang lainnya berpengaruh terhadap laba suatu perusahaan, karena perusahaan yang menggunakan bahan produksi dari luar negeri akan mengalami peningkatan nilai hutang, SBI merupakan salah satu mekanisme yang digunakan Bank Indonesia untuk mengontrol kestabilan nilai Rupiah, dan IHSG merupakan cerminan kinerja saham-saham seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI.
Hasil analisis ini adalah seberapa besar pengaruh Inflasi, Kurs, dan SBI secara parsial terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan seberapa besar pula pengaruh besar pengaruh Inflasi, Kurs, dan SBI secara simultan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan dari tahun 2005 sampai dengan 2016, dengan time series 12 tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder, metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan level 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inflasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap IHSG, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 96,321 dan nilai signifikansi sebesar 0,336 > 0,05. Untuk Kurs berpengaruh positif dan signifikan terhadap IHSG, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisiensi regresi sebesar 0,397 dan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05. Untuk SBI berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisiensi regresi sebesar -531,126 dan nilai signifikansi sebesar 0,0014


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-086
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya