Image of PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK BRI SYARIAH UMUM TBK, PERIODE 2014-2017

Text

PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK BRI SYARIAH UMUM TBK, PERIODE 2014-2017



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tentang pembiayaan murabahah dan masyarakah terhadap tingkat profitabilitas dengan indikator ROA (Return On Asset) pada BRISyariah umum Tbk, Periode 2014-2017.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan triwulanan berbentuk time series Periode 2014-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakann uji F untuk menguji pengaruh secara bersama-sama serta uji t untuk menguji pengaruh secara parsial dengan tingkat signifikan 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik serta uji koefisien determinasi.
Berdasarkan uji normalitas menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal juga dalam multikolinierritas, uji autokorelasi uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik semuanya lolos. Secara parsial Hasil penelitian pembiayaan murabahah berpengaruh negativ t hitung -4.872 > t tabel 1.74588 dan signifikan 0,005 < 0,05 terhadap tingkat profitabilitas. Secara parsial Hasil penelitian pembiayaan musyarakah berpengaruh positiv t hitung 5.285 > t tabel 1.74588 dan signifikan 0,003 < 0,05 terhadap tingkat profitabilitas. Secara simultan pembiayaan murabahah dan musyarakah f hitung 14.133 > 3,63. Hasil penelitian pembiayaan murabahah dan masyarakah berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square 0,850. Artinya pada penelitian ini profitabilitas atau ROA mampu dijelaskan oleh pembiayaan murabahah dan musyarakah sebesar 85,0% dan sisanya 15,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model ini.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-088
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya