Image of ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN KSPPS MITRA INSAN MANDIRI (MIM) TAHUN 2016-2017
(Melalui Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas)

Text

ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN KSPPS MITRA INSAN MANDIRI (MIM) TAHUN 2016-2017 (Melalui Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas)



Penilaian tingkat kesehatan keuangan merupakan gambaran kondisi keuangan dan kinerja suatu koperasi, yang di analisis dengan alat-alat analisis keuangan seperti Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Rasio Rentabilitas, sehingga dapat diketahui mengenai sehat dan tidaknya koperasi tersebut beroperasi. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Insan Mandiri (MIM) yang terletak di Jalan Cigeureung Kadununggal SMEA Rt.01 Rw.08 Kelurahan Nagasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya.
Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari tempat penelitian kemudian di olah dan mendapatkan hasil. Analisis data yang digunakan yaitu Current Ratio dengan nilai rata-rata 98,24% dan Cash Ratio menunjukan nilai rata-rata 9,5%. Sedangkan Debt To Assets Ratio menunjukan nilai rata-rata 96,18%, Return On Assets menunjukan nilai rata-rata (0,4%) dan Return On Equity menunjukan nilai rata-rata (13,3%). Hasil dari penelitian ini menunjukan KSPPS MIM dalam keadaan Kurang Sehat dengan skor 48,3.
Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian ini adalah KSPPS MIM dapat dinyatakan belum likuid dalam memenuhi hutang dari aset yang dimiliki, total Aset yang dimiliki belum solvabel dalam memenuhi hutang-hutangnya dan KSPPS MIM belum rentabel. Hal yang harus diperbaiki dari hasil penelitian ini KSPPS harus meningkatkan jumlah Aset lancar, dan menambah Modal Sendiri sehingga menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang lebih besar.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-097
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya