Image of PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI),EKSPOR DAN IMPOR TERHADAP KURS RUPIAH/DOLLAR AS

Text

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI),EKSPOR DAN IMPOR TERHADAP KURS RUPIAH/DOLLAR AS



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keseibangan jangka panjang variabel independen dalam mempengaruhi variabel depenten serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suku bunga SBI,Ekspor dan Impor secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kurs rupiah/dollar AS pada periode 1998 sampai 2016 dan juga dapat mengetahui seberapa besar variabel independen (SBI,Ekspor dan Impor) yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen (kurs rupiah/dollar AS).
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Explanatory dengan menggunakan analisis dari model koreksi kesalahan atau ECM (Error Correctoin Model) dan regresi berganda dengan Metode OLS (Ordinary Least Square) karena data yang tidak stasioner pada tingkat level,tetapi stasioner pada tingkat diferensiasi dan setiap variabel terkointegrasi. Metode yang digunakan dalam melihat hubungan dalam jangka pendek adalah dengan teori ekonomi serta dalam pemecahannya terhadap variabel time series yang tidak stasioner pada tingkat level dan regresi lancung.
berdasarkan hasil pengujian Kointegrasi diketahui bahwa variabel dalam penelitian memiliki keseimbangan jangka panjang. Berdasarkan hasil regresi ECM (Error Correctoin Model) hasil estimasi dapat dikemukakan bahwa secara statistik terlihat variabel-variabel yang mempengaruhi kurs Rupiah/ USD secara parsial. Dalam jangka panjang,baik variabel Tingkat Suku Bunga (SBI),nilai ekspor,dan nilai impor semuanya berpengaruh signifikat.Sedangkan dalam jangka pendek, variabel-variabel yang signifiakt secara statistik masing-masing adalah variabel Tingkat Suku Bunga (SBI) dan variabel nilai ekspor,sementara variabel nilai impor dalam jangka pendek menunjukan bahwa variabel yang diteliti secara simultan secara statistik. Untuk pengaruh secara simultan secara statistik menunjukan bahwa variabel yang diteliti secara simultan berpengaruh signifikat baik jangka panjang maupun jangka pendek terhadap kurs Rupiah/USD.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-104
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya