Image of SPeSIA Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba Fakultas Tarbiyah Prosiding Pendidikan Agama Islam Gelombang 2 tahun 2017 - 2018

Text

SPeSIA Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba Fakultas Tarbiyah Prosiding Pendidikan Agama Islam Gelombang 2 tahun 2017 - 2018



Kemampuan dalam membaca al Qur'an merupakan bagian yang penting dalam pendidikan islam. Keberhasilan dalam pembelajaran al Qur'an perlu memperhatikan langkah - langkah yang sudah tersusun melalui metode dan teknik tertentu, sehingga tercapainya tujuan yang diinginkan. SDIT Al-Amanah Lembang menggunakan metode AL-Barqy dengan tujuan memudahkan siswa dalam pembelajaran membaca al Qur'an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran membaca al Qur'an melalui metode Al-barqy dalam bentuk pelaksanaan, perencanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif maka pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran membaca al Qur'an melalui metode Al-Barqy dilengkapi dengan pemilihan guru yang kopeten dalam mengajar membaca metode Al-Barqy, silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca al Qur'an melalui metode Al-Barqy dilaksanakan setiap hari senin, rabu dan kamis pada pukul 13.00 sampai 14.10 WIB (3) Evaluasi yang dilakukan adalah penilaian sebelum dan sesudah menggunakan metode Al-Barqy, penilaian harian, penilaian UTS dan penilaian UAS (4) Faktor pendukung metode Al-Barqy diantaranya adalah guru harus memahami pengajaran Al-Baryq, media yang digunakan serta kehadiran siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi belajar anak yang berbeda beda.


Ketersediaan

370YSJp370 YSJ pTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370 YSJ p
Penerbit : Sukabumi.,
Deskripsi Fisik
X, 306 hlm; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya