Image of ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS

Text

ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS



A.BAGIAN TEORETIS
Bab 1 Apakah Pendidikan
1. Arti Beberapa Istilah
2. Apa yang Dimaksud dengan Mendidik
3. Mengapa Anak Harus Dididik
Bab 2 Uraian Selanjutnya tentang Pendidikan
1. Pergaulan dan Pendidikan
2. Mengapa Pendidik Harus Orang yang Sudah Dewasa
3. Apakah yang Dimaksud dengan Kedewasaan
4. Mendidik ialah Memimpin Anak
a. Teori Tabularasa (John Locke dan Francis Bacon)
b. Teori Nativisme (Schopenhauer)
5. Negarà dan Pendidikan
Bab 3 Tujuan Pendidikan
1. Pendahuluan
2. Tujuan dan Kepribadian Pendidik
3. Macam-Macam Tujuan di dalam Pendidikan
a. Tujuan Umum
b. Tujuan-Tujuan Tak Sempurna
c. Tujuan-Tujuan Sementara
d. Tujuan-Tujuan Perantara
e. Tujuan Insidental
4. Beberapa Pendapat tentang Tujuan Pendidikan
Bab 4 Tujuan Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia
1. Pendahuluan
2. Anak Harus Dididik Menjadi Manusia Susila
3. Anak Harus Dididik Menjadi Manusia yang Cakap
4. Anak Harus flididik Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab atas Kesejahteraan Masyarakat dan Tanah Air
Bab 5 Tujuan Pendidjkan dan Pengajaran di Indonesia (lanjutan)
1. Pendahuluan
2. Tujuan Pendidikan Nasional
3. Masalah Tujuan dalam Pendidikan dan Pengajaran
4. Hierarki Tujuan dalam Pendidikan dan Pengajaran
5. Merumuskan Tujuan Pendidikan Nasional
6. TIK dan Tingkat Kemampuan Siswa
Bab 6 Kewibawaan (Gezag) dalam Pendidikan
1. Apakah Kewibawaan (Gezag) Itu?
2. Apakah Perbedaan antara Kewibawaan Orang Tua dan Kewibawaan Guru atau Pendidik-Pendidik Lainnya terh adap Anak-Anak Didiknya
3. Fuñgsi Kewibawaan dalam Pendidikan
4. Bagaimana Pendidik Seharusnya Menggunakan Kewibawaannya
5. Kewibawaan dalam Masyarakat Orang Dewasa dan Kewibawaan dalam Pendidikan
a. Kewibawaan dalam Masyarakat Orang Dewasa
b. Kewibawaan dalam Pendidikan
6. Kewjbawaan dan Identifikasi
Bab 7 Hubungan Pembawaan, Keturunan, dan Lingkungan di dalam Pendidikan
1. Pembawaan dan Lingkungan
a. Aliran Nativisme
b. Aliran Naturalisme
C. Aliran Empirisme
d. Hukum Konvergensi
e. Tut Wuri Handayani
2. Keturunan dan Pembawaan
a. Keturunan
b. Ikmbawaan
3. Bebrapa Macam Pembawaan dan Pengaruh Keturunan
Lingkungan(Environment)
a. Pengertian dan Macam Lingkungan
b. Bagaimana Individu Berhubungan dengan Lingkungan?
B.BAGIAN PRAKTIS
Bab 8 Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga
1. Keluarga Zaman Dahulu dan Keluarga Sekarang
2. Pentingnya Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga
3. Kedudukan Orang Dewasa dalam Keluarga
4. Peranan Anggota Keluarga terhadap Pendidikan Anak-Anak
a. Peranan Ibu
b. Peranan Ayah
c. Peranan Nenek
d. Peranan Pembantu Rumah Tangga (Pramuwisma)
5. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pendidikan Anak-Anak
6. Petunjuk-Petunjuk Penting bagi Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga
Bab 9 Beberapa Kesukaran dalam Pendidikan
1. Pendahuluan
2. Keras Hati dan Keras Kepala
a. Keras Hati
b. Keras Kepala
3. Anak yang Manja
a. Apakah yang dimaksud dengan memanjakan
b. Anak yang manakah yang biasanya dimanjakan?
c. Apakah yang dimungkinkan orang tua atau pengasuh-pengasuh lain memanjakan seorang anak2
d. Bagaimana akibatnya anak yang dimanjakan
e. Bagaimana usaha pendidik untuk menolong anak itu?
4. Perasaan Takut pada Anak
a. Pendahuluan
b. Apakah yang menimbulkan perasaan takut pada anak-anak
c. Bagaimana mengatasi rasa takut itu pada anakanak
5. Dusta Anak
a. Pendahuluan
b. Macam-Macam Dusta pada Anak
b. berapa Kesukaran dalam Pendidikan (Lanjutan)
6. Agresi dan Frustrasi
a. pendahuluan
b. Agresi
c. Frustasi
d. pendidikan dan prustasi
Bab 11 Pendidikan dalam Lmgkungan Sekolah
1. Macam-Macam Lingkungan Pendidikan
2. Perbedaan Lingkungan Keluarga danLingkungan Sekolah
a. Perbedaan pertama ialah rurnah atau lingkungan keluarga, yakni lingkungan pendidikan yang sewajamya
b. Perbedaan kedua ialah perbedaan suasana
c. Perbedaan ketiga ialah perbedaan tanggung jawab.
3. Kerja Sama antara Keluarga dan Sekolah
a. Mengapa kerja sama antara keluarga dan sekolah itu penting bagi pendidikan
b. Bagaimanakah cara-cara untuk mempererat hubungan dan kerja sama antara sekolah dan keluarga
4. Taman Kanak-Kanak sebagai Jembatan antara Keluarga dan Sekolah
a. Pelopor/pendiri taman kanak-kanak
b. Manfaatnya taman kanak-kanak
c. Matang untuk bersekolah
Bab 12 Guru sebagai Pendidik
1. Pendahuluan
2. Syarat-Syarat Menjadi Guru yang Baik
a. Berijazah
b. Sehat jasmani dan rohani
c. Takwa kepada Tuhan YME dan berkelakuan baik..
d. Bertanggung jawab
e. Berjiwa nasional
3. Sikap dan Sifat-Sifat Guru yang Baik
a. Adil
b. Percaya dan suka kepada murid-muridnya
c. Sabar dan rèla berkorban
d. Memiliki perbawa (gezag) terhadap anak-anak
e. penggembira
f.bersikap baik terhadap guru-guru lamnya
g.bersikap baik terhadap masyarakat
h.benar-benar menguasai mata pelajarannya
i.suka kepada mata pelajaran yang diberikannya
j. berpengetahuan luas
Bab 13 Segi-segi pendidikan
1. mengajar dan mendidik
2. segi-segi pendidikan
a. pendidikan jasmani
b. Pendidikan kecakapan
c. Pendidikan agama
d. Pendidikan kesusilaan
e. Pendidikan keindahan
f. Pendidikan kemasyarakatan
Bab 14 Alat-alat Pendidikan
1. Pendahuluan
2. Pembiasaan
3. Pengawasan
4. Perintah
5. Larangan
6. Ganjaran
a. Maksud ganjarän
b. Ganjaran dan upah
c. Macam-macam ganjaran
d. Syarat-syarat ganjaran
e. Beberapa pendapat tentang ganjaran
f. Hukuman


Ketersediaan

3701NGAi370.1 NGA iTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 NGA i
Penerbit Literasi Nusantara Abadi : Sukabumi.,
Deskripsi Fisik
xiii + 197 hlm; 23,9 x 16
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-514-384-0
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya