Image of GURUNYA MANUSIA MENJADIKAN SEMUA ANAK ISTIMEWA DAN SEMUA ANAK JUARA

Text

GURUNYA MANUSIA MENJADIKAN SEMUA ANAK ISTIMEWA DAN SEMUA ANAK JUARA



Apresiasi atas Munif Chatib dan Gurunya Manusia
Kualitas Guru Adalah Kunci Utama Kemajuan Bangsa
oleh Anies Baswedan, Ph.D.
Prakata
Pendahuluan
1 Majulah Pendidikan Indonesia
Menyalakan Lilin dalam Kegelapan
Kualitas Pendidikan Tidak Berbanding Lurus dengan Pendapatan per Kapita
Kualitas Pendidikan Tidak Berbanding Lurus dengan Kesejahteraan Guru
Empat Dasar Kriteria Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Tidak Ada Guru yang Tidak Mampu Mengajar
Tidak Ada Siswa yang Bodoh
Manajemen Adalah Jantung Sekolah
Guru Adalah Manusia Pembelajar
Cara Mendesain Pelatihan Guru
Menit demi Menit Belajar di Sekolahnya Manusia
Guru Berpenghasilan Layak
Menjadikan Wall Murid Sahabat Guru dan Sekolah
2 Menjadi Gurunya Manusia
Di Hadapan Gurunya Manusia, Setiap Anak Adalah Juara
Guru yang Mengajar dengan Hati
Memahami Kemampuan dalam Arti Luas
Terus Menjelajah Kemampuan Siswa
Guru yang Mengajar dengan Cara Menyenangkan
Gurunya Manusia Adalah sang Fasilitator
3 Apersepsi
Teori Apersepsi
Pertama, Manusia Adalah Makhluk Pembelajar
Kedua, Sifat Dasar Manusia untuk Memerintah Dirinya Sendiri
Ketiga, Manusia Bereaksi terhadap Instruksi yang Berasal dan
Lingkungannya, jika Dibekali Dorongan (Stimulus) Khusus

Apersepsi dalam Quantum Teaching
Sumber-Sumber Apersepsi
Zona Alfa
Cara Masuk ke Dalam Zona Alfa
Warmer
Pre-teach
Scene Setting
4 Belajar-Mengajar dengan Multiple Intelligences Tingkat Lanjut
Strategi Belajar-Mengajar dalam Model Pembelajaran
Model Pembelajaran
Teori Multiple Intelligences, dan Dunia Psikologi ke Dunia Edukasi
Kebiasaan “Problem Solving”
Kebiasaan Kreatif
Komponen Inti, Stimulus, Kompetensi, dan Kondisi Akhir Terbaik
Strategi Belajar-Mengajar dengan Multiple Intelligences
Empat Puluh Menit di Kelas Ternakal — Strategi Diskusi
Akhirnya Bayi-Bayi Itu Selamat — Strategi Action Research
Aku Ingin Jadi Menteri Penjaga Selokan — Strategi Klasifikasi
Berburu Ape! Emas — Strategi Analogi
Pantun Bakso Cinta — Strategi Identifikasi
Abrahah yang Sombong - Strategi Sosiodrama
All sang Pemberani di Khaibar — Strategi Penokohan
Alhamdulillah, Akhirnya Aku Bisa Shalat — Strategi Flash-Card
Aku Harus Seperti Pahlawan — Strategi Gambar Visual
Akhirnya Anak Yatim Itu Punya Seragam — Strategi Papan (Karton) Permainan
Aku Tak Akan Mencoba Bunuh Din Lagi - Strategi Wayang
Ayo, Buat Inventanisasi Dapur — Strategi Applied Learning
Mestinya Lintang Bisa Terus Sekolah — Strategi Movie Learning
Balada sang Penjaga Pintu Kereta Api — Strategi Environment Learning
Menu Sehat untuk Warteg — Strategi Service Learning
5 Membuat Lesson Plan Kreatif
Keuntungan Membuat Lesson Plan
Ketentuan Lesson Plan
Kerangka Lesson Plan
Kerangka Lesson Plan ala Munif Chatib
Koleksi Lesson Plan
Lesson Plan dan Special Moment
Struktur dan Bentuk Lesson Plan
Ucapan Terima Kasih
Kepustakaan
Indeks
Tentang Penulis


Ketersediaan

37112MUNg371.12 MUN gTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.12 MUN g
Penerbit : Sukabumi.,
Deskripsi Fisik
ill, xx + 260 hlm; 24 x 19 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-487-005-8
Klasifikasi
371.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya