Image of ASAS-ASAS PENDIDIKAN ISLAM

Text

ASAS-ASAS PENDIDIKAN ISLAM



BAB I. PENGANTAR SEKOP DAN FUNGSI PENDIDIKAN
Pendahuluan
Pendidikan Dalam Islam
Asas-asas Pendidikan
Filsafat Pendidikan
Asas-asas Sejarah Dalam Pendidikan
Asas-asas Sosial Dalam Pendidikan
Asas-asas Ekononit Dalam Pendidikan
Asas-asas Politik Dan Administrastjf Dalam Pendidikan
Asas-asas Psikologis Dalam Pendidikan
Pendidikan Sebagai Suatu Disiplin Ilmu
Pendidikan Islam
Kesimpulan
BAB II FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Masyarakat Islam
Langkah Pertarna Ke Arah Perbaikan Pendidikan
Konsep Yang Sesuai Bagi Filsafat Pendidikan Dalam Masyarakat Islam
Sumber-sumber Dan Mana Sepatutnya Filsafat Pendidikan Diambil
Elemen-elemen dan Syarat-syarat Filsafat Pendidikan Yang Diambil Dan Islam
Prinsip-prinsip Filsafat Dan Pendidikan Yang Menjadi Dasar Filsafat Pendidikan
BAB IlL PERSPEKTIF SEJARAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan -
Ciri-ciri Umum Pendidikan Pada Masa Pembinaan
Ciri-ciri Umum Pendidikan Islam Di Zaman Keemasan
A. Missionan Kristen Dan Aktivitas Pendidikan
B. Gerakan Zionisme
C. Penggunaan Bahasa Pasar Dan Huruf Latin
D. Munculnya Tuntutan-tuntutan Ras Dan Etnis
E. Politik Pendidikan Turki Di Negeri Arab
BAB IV. SISTEM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Ilmu Dalam Islam
Lembaga-lembaga Pendidikan Islam
Administrasi dan Pembiayaan Pendidikan Dalam Islam
Kurikulum Pendidikan Dalam Islam
Pemikiran Pendidikan Islam
Pemikiran Pendidikan Dalam Islam Pada Zaman Nabi
Pernikiran Pendidikan Islam Path Zaman Khulafaur Rasyidin
Pemikiran Pendidikan Islam Pada Zaman Ummaiyah
Pemikiran Pendidikan Islam Pada Zaman Abbasiyah
Nilai Pemikiran Pendidikan Islam
BAB V. ASAS EKONOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Ekonomi dan Pendidikan
Invesimen Dalam Pendidikan
Permintaan Dan Penawaran Dalam Pendidikan
Perencanaan Ekonomi Dan Pendidikan
Berbagai Pendekatan Untuk Menentukan Perbelanjaan Pendidikan
Kesempatan Pendidikan Yang Optimum
Memaksimalkan Pertumbuhan Ekonomi
Perbandingan Internasional
Pendekatan-pendekatan Lain
Berbagai Pendekatan Untuk Menentukan Pengumpulan
Bayaran : Konsumsi Dan Investmen
Ekonomi Dan Pendidjkan Dalam Islam
Wakaf Dalam Pendidikan Islam
Contoh-contoh Dokumen Wakaf Sultan-sultan
Wakaf Sultan Qaitbay Untuk Sebagian Lembaga-lembaga Ilmiahnya
Wakaf Ulama-ulama
Wakaf Ulama-ulama Kepada Berbagai Ruwaq al-Azhar
Wakaf-wakaf Pendidikan Islam Dibagian Dunia Islam Yang Lain
Sekali Lagi Tentang Gaji Guru
Kesimpulan
MB VI. ASAS POUTIK DAN ADMINISTRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan - 177
Ideologi Dalam Pendidikan Islam
Pengaruhnya Path Pandangan Hidup Kaum Muslimin
Asas Politik Dalam Pendidikan Islam
Asas Administrasi Dalam Pendidikan Islam
1. dan Ciri-cjri Umum Administrasj Pendidikan
A. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Timbul Dan Berkembangnya Administrasi Pendidikan
B. Berbagai Definisi Mutakhir Tentang Administrasi Pendidikan
C. Berbagai Ciri-ciri Umum Adzninistrasi Pendidikan
2. Pentingnya Administrasi Pendidikan Dan Tujuan-tujuan Umum Yang Ingin Dicapainya - 201
A. Segi-segi Penting dan Faedahnya Administrasi Pendidikan
B. Tujuan-tujuan Umum Administrasi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam
3. Bidang-bidang Dan Fungsi-fungsi Administrasi Pendidikan
A. Perencanaan
B. Pengarnbilaa Keputusan
C. Organisasi Dan Koordinasi
D. Pembagian Kerja Dan Kuasa
E. Membimbing Pekerja-pekerja
F. Mengawasi, Mengikuti Dan Menilai Kerja
G. Mengadakan Hubungan Umum Dan Bersifat Kemanusiaan Yang Berhasil
H. Melatih Kera
4. Pola-pola Dan Teori Pimpinan Administrasi Pendidikan
A. Pola-pola Pimpinan Administrasi Pendidikan
B. Teori-teori Pimpinan Administratif
C. Sikap Pendidik Muslim Terhadap Teori-teori ini
5. Berbagai Prinsip Umum Yang Menjadi Dasar Administrasi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam
A. Prinsip Menekankan Iman Dan Akhlak Dalam Kerja Administrasi
B. Prinsip Keadilan Dan Persamaan
C. Prinsip Musyawarah
D. Prinsip Pembagian Kerja Dan Tugas
E. Prinsip Berpegang Pada Perencanaan, Organisasi Supervisi, Pengawasan, Dan Follow-up
F. Prinsip Penghargaan, Pergaulan Baik, Dan Hubungan Baik Dengan Pekerja-pekera
G. Prinsip Menekankan Kemampuan, Pengalaman, Dan Keikhlasan Dalam Pencalonan Pelantikan, Penaikan Pangkat, Dan Pembenan Mandat Dalam Pekerjaan
BAB VII. ASAS PSIKOLOGIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Teori-teori Proses Belajar
Teori-teori Assosiasi
Teori-teori Lapangan
Proses Belajar Sosial
Proses Belajar Antar-Peradaban
Belajar Untuk Belajar
Penyusunan Gejala-gejala Intelektual Untuk Proses Belajar
Perolehan Pengetahuan
Pembentukan Konssep
Penyelesaian Masalah
Pemikiran Kreatif
Pertumbuhan Dan Perkembangan Kognitif
Psikologi Islam Dan Pendidikan
Ciri-ciri Jiwa Manusia
N a f s
Q a l b
R u h
‘A q l
Tmgkahlaku Menurut aI-Ghazali
Tmgkahlaku Manusia Dalam al-Qur’an dan Sunnah
Teori Pnbadi (Personality) Dalam Psikologi Islam
Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dalam al Qur’an
Manusia Dalam al Qur’an
Manusia Dan Masyarakat
Teori Perkembangan Psikologis Dan Rohamah Manusia
BAB VIII. PENYUSUNAN KEMBALI DASAR-DASAR KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM (PENGISLAMAN ILMU)
Pendahuluan
Tujuan-tujuan Pendidikan
Pengetahuan Dalam Pendidikan
Metodologi Pengajaran
Penilaian
Kesimpulan
BAB IX. PENDIDIKAN YANG UTUH DAN pARADIGMA ILMU
Pendahuluan
Materi Pendidikan
Paradigma Ilmu Pengetahuan
Paradigma Ilmu Dan Komuflitas Ilmiah
Paradigma Pendidikan
MenyeleSaikan Perselisihan
KommUfl1t Pradigmatik Bertahap
Ke Arah Pembentukan Paradigtna Ummah
Kesimpulan dan Penutup
BAB X. KLASIFIKASI ILMU DAN METODOLOGI RISET DALAM PENDIDIKAN
Pendabuluan
EpistemOlogi Dalam al-Qur’an
Alat-alat Untuk Mengenal Alam Jagat
MetodolOgl Sains Dalam Pemikirat1 Islam
Klasifikasi Ilmu
KreativitaS Dalam Riset
Penutup
BAB XI. PENGHAYAT NILAI-NIL ISLAM DALAM PENDIDIKAN
Pendahuan
Pendidikan Masa Kini
Proses Belajar
Tiruan Dan Proses Belajar Sosial
PengakUflt dan Penghayatan
Nilai-Nilai Islam
Penghayatan Nilai-nilai Islam
Penutup
BAB XII. pIONIR PENDIDIKAN ISLAM DI ASIA TENGGARA PADA ABAD 2O
BAB XIII. PENUTUP DAN KES1MPULAN
Pendahuluan
Filsafat Pendidikan
Sejarah Pendidikan
Aspek Ekonon Dalam Pendidikan
Aspek Sosial Dalam Pendidikan
Asas Politik Dan Administrasi Pendidikan
Asas Psikologis Dalam Pendidikan
Hal-hal Lain


Ketersediaan

29707HASa297.07 HAS aTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.07 HAS a
Penerbit : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xix + 414 hlm; 24 x 15,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3311-11-8
Klasifikasi
297.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya