Image of KORELASI ANTARA KEBIASAAN BERTANYA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS MIFTAHULRRAHMAN KOTA TASIKMALAYA

Text

KORELASI ANTARA KEBIASAAN BERTANYA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS MIFTAHULRRAHMAN KOTA TASIKMALAYA



SINDRI PARIANTI.1501226. KORELASI ANTARA KEBIASAAN BERTANYA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS MIFTAHURRAHMAN KOTA TASIKMALAYA
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di MTs Miftahurrahman Kota Tasikmalaya, yaitu adanya fenomena yang menunjukkan tingginya kebiasaan bertanya siswa dalam pembelajaran, sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak rendah. Dari melihat fenomena tersebut, penulis ingin mengetahui begaimana sebenarnya relaitas antara kebiasaan bertanya siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlah di kelas VIII MTs Miftahurrahman Kota Tasikmalaya. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan bertanya siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, adapun tujuan pokoknya adalah untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan bertanya siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa siswa yang terbiasa bertanya akan lebih aktif dalam memahami materi pelajaran dan sebagai umpan balik terhadap pembelajaran, maka diharapkan prestasi belajar siswa pun akan tinggi. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, yaitu semakin tinggi kebiasaan bertanya maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dan sebaliknya semakin rendah kebiasaan bertanya maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan angket untuk memperoleh data kuantitatif. Angket disebarkan pada 30 siswa yang berasal dari kelas VIII di MTs Miftahurrahman Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian kebiasaan bertanya siswa berada dalam kriteria tinggi yang berada pada interval 3,5 - 4,5. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel sebesar 0,70 dan termasuk korelasi tinggi yang berada pada interval 0,60 - 0,80. Kadar pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 49%. Hal ini berarti masih ada 51% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Keaktifan Bertanya, Prestasi Belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 005
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
X, 52 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya