Image of KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-QUR'AN SURAT AN-NAHL AYAT 90
(Kajian Tafsir Ibn Katsir, Al-Misbah dan Al-Maraghi)

Text

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-QUR'AN SURAT AN-NAHL AYAT 90 (Kajian Tafsir Ibn Katsir, Al-Misbah dan Al-Maraghi)



NISA NURAFIFAH. 1501012. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Al-Qur'an Surat An-Nahl Ayat 90 ( Kajian tafsir Ibn Katsir, Al-Misbah dan Al-Muraghi) Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Agama Islam STAi Tasikmalaya
Melihat fenomena saat ini banyak dijumpai orang-orang muslim yang memegang teguh aturan ibadah secara ketat, namun seringkali akhlak tidak dapat mendapat perhatian serius. Seperti kejujuran, keadilan, ketawadhu'an, dan sikap-sikap perilaku terpuji lainnya kurang diammalkan secara baik. Berkenaan dengan itu maka upaya menegakkan akhlak mulia bangsa merupakan suatu keharusan mutlak dengan ini penulis mengambil sebuah penelitian dalam sura An-Nahl ayat 90. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Qs. An-Nahl ayat 90, pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut QS. An-Nahl Ayat 90 ?. (2) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak menurut QS. An-Nahl Ayat 90 dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research) yaitu studi kepustakaan yang mengadakan penelitian dengan cara mempelajari dan membaca kepustakaan literatur-literatur yang ada hubungannya dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode tahlili, yaitu metode tafsir yanng menjelaskan ayat-ayat Al-Qur'an dari sleuruh aspeknya dan mengungkapkan maksud-maksudnya secara terinci sesuai urutan ayat dan surat, mengemukakan arti kosa kata yang diikuti dengan penjelasan mengenai arti global ayat.
Adapun hasil penellitian ini menunjukkan bahwa : a) Konsep pendidikan akhlak ialah suatu gambaran pemikiran atau ide yang sudah ada untuk memaksimalkan penerapan pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Yang bertujuan agar semua orang dapat memaksimalkan penerapan pendidikan akhlak dalam kehidupannya dan mendapatkan kesempurnaan akhlak. b) Dalam surat An-Nahl Ayat 90 terdapat beberapa pendidikan akhlak diantaranya : Berbuat adil, berbuat ihsan atau kebajikan, gemar membantu kepada kerabat dan menjauhi perbuatan keji atau makar.
Kata Kunci : Konsep Pendidian Akhlak menurut Al-Qur'an


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 008
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 64 hlm ; 20 x 30
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya