Image of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI
( Studi Kasus kelas IX B SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy Kota Tasikmalaya )

Text

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI ( Studi Kasus kelas IX B SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy Kota Tasikmalaya )



Skripsi ini membahasa mengenai : Implementasi Pendidikan Kepribadian Siswa Melalui Program Bina Pribadi Islami (Studi Kasus Kelas IX B SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy Kota Tasikmalaya)
Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi implementasi program bina islami di SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy, (2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan kepribadian siswa melalui program bina islami di kelas IX B SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan kepribadian siswa melalui program bina islami di kelas IX B SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif denngan lokasi penelitian di SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy Kota Tasikmalaya. Metode pengumpulan data yang digunakan uaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa program bina islami sangat berperan sebagai salah satu program pendidikan kepribadian siswa, untuk mencapai tujuan tersebut tentu dengan melalui beberapa strategi implementasi program bina pribadi islami. Implementasi pendidikan kepribadian siswa melalui program bina pribadi di SMP Islam Terpadu At Taufiq Al Islamy ini berbasis pembiasaan, pembentukan minat dan sikap dan pembentukan kerohanian yang luhur. Adapun bentuk kegiatan program BPI yaitu pertemuan pekanan, penugasan, malam bina iman dan taqwa (mabid), kajian umum, kajian khusus, tahfidz, dan tahsin Al Qur'an, pengabdian masyarakat, sholat berjamaah, puasa sunnah, nawafil, karya wisata, kunjungan, olah raga, keputrian, dan perkemahan. Implemntasi kegiatan khususnya yaitu pertemuan pekanan melalui skenario pembelajaran tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Tujuan diadakan kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebagai penanaman minat dan sikap, dan pembentukan kerohanian yang luhur. Melalui pembentukan dan pembiasaan tersebut diharapkan siswa menajdi terbiasa dan terbentuk untuk melakukannya dimanapun berada, baik di sekolah, maupun diluar sekolah. Adapun faktor pendukung berjalannya bina pribadi islami yaitu sekolah, pembimbing/murabbi, BPI sebagai program unggulan dan wajib disekolah, bentuk kelompok, tempat pelaksanaannya fleksibel, lingkungan teman, dan banyak kegiatannya. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program bina pribadi islami yaitu faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan pergaulan/teman, dan kemajuan IPTEK.
Penelitian ini memberikan saran bagi para guru, agar memperbaiki sistem pengawasan dan selalu memberikan pengarahan, nasihat, penjagaan yang ketat kepada siswa dan juga memberikan tauladan yang baik dan memeberikan teguran langsung kepada siswa apabila siswa melakukan hal-hal yang dipandang kurang baik. Kepada orang tua, agar bisa bekerjasama dalam mengawasi dan mendidik kepribadian siswa, karena tugas pendidikan kepribadian ini bukan hanya tugas guru di sekolah saja, akan tetapi tugas kita semua sebagai orang tua siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Kepribadian, Program.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 017
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 172 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya