Image of KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL MENURUT AL-QUR'AN SURAH AL-BAQARAH AYAT 177 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI 
(Studi Pustaka Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177)

Text

KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL MENURUT AL-QUR'AN SURAH AL-BAQARAH AYAT 177 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI (Studi Pustaka Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177)



DEDE PURNAMA. 15.01.173. KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL MENURUT AL-QUR'AN SURAH AL-BAQARAH AYAT 177 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI
(Studi Pustaka Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan sosial menurut Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177. Mengetahui tentang pandangan para musafir mengenai Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177. Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan sosial dalam surah Al-Baqarah Ayat 177 terhadap pembelajaran PAI. Untuk memperoleh data yang tepat dalam pembahasan skripsi ini, digunakan metode kepustakaan (Library Research) dengan cara mencari dan megumpulkan, membaca dan meganalisis kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif.
Metode pembahasan tafsir dalam skripsi ini menggunakan metode tahlih yaitu suatu metode tafsir yang digunakan oleh para musafir dalam menjelaskan kandungan Al_Qur'an dari berbagai segi dengan memperhatikan ayat-ayat Al-Qur'an sebagaimana yang terdapat dalam mushaf. Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan antroplogi yaitu pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia untuk mempelajari kajian agama yang diarahkan pada pemahaman aspek-aspek kontek sosial.
Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu Pertama : mengenai konsep pendidikan meliputi bidang akidah dan keimanan, bidang syariat (mendirikan shalat dan menunaikan zakat), bidang akhlak (menyantuni anak yatim, membantu orang lain, shadaqah dan menepati janji. Kedua : Para musafir menyatakan bahwa kebajikan sesungguhnya dengan menaati Allah SWT yang dibuktikan dengan amal perbuatan. Ketiga : Implementasi pendidikan sosial terhadap pembelajaran PAI meliputi pendidikan keimanan, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan pendidikan karakter.
Kata Kunci : Pendidikan Sosial, QS Al-Baqarah Ayat 177, Pembelajaran PAI


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 020
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 95 hlm ; 20x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya