Image of PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK MANAROTUL UMMAH KAWALU KOTA TASIKMALAYA

Text

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK MANAROTUL UMMAH KAWALU KOTA TASIKMALAYA



MUH. FAUZAN TORIK. 1501068 PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK MANAROTUL UMMAH KAWALU KOTA TASIKMALAYA.
Program Studi Pendidikan Agama islam Sekolah Tinggi Agama islam (STAI) Tasikmalaya, 2019
Penelitian ini membahas pendekatan konstuktivistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam (PAI) yang diterapkan oleh guru PAI di SMK Manarotul Ummah. Hasil peneliltian ini diharapkan dapat dipergunakan menjadi sebuah rujukan bagi para guru mata pelajaran PAI dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi lapangan, dengan mengambil latar di SMK Manarotul Ummah Kawalu Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan pedagogik dan deskriptif. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : (1) Pembelajaran PAI di SMK Manarotul Ummah sudah menggunakan pendekatan konstruktivistik, melainkan tergantung pada sub pembahasannya, dan salah satunya menggunakan metode ceramah/lecture, karyawisata, inquiry, discovery, demonstrasi. (2) Faktor pendukung pendekatan konstruktivistik dalam pembalajaran PAI adalah terdapat siswa yang aktif, media seperti infokus, dan alam yang mendukung, dan (3) Faktor pendukungnya adalah terdapat koresponden alat media yang digunakan terbatas, terdapat siswa yang acuh tak acuh, dan juga sami'na wa atho'na.
Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivistik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 029
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 71 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya