Image of NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 30-39

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 30-39



Ristu Sayyidah.15.01.003. Nilai-nilai Pendidikan Tauhid dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 30-39.
Sebagai petunjuk, Kitab Suci Al-Qur'an sudah sangat jelas mengandung banyak istilah tentang pendidikan bagi umat manusia, baik itu dalam bagaimana berhubungan dengan Alloh SWT (hablu min Allah), bagaimana hubungan dengan sesama manusia (hablu minnass) dan baik itu yang berhubungan dengan alam semesta. Di dalam kitab suci Al-Qur'an yang menjelaskan tentang pendidikan tauhid tentu sangat banyak, akan tetapi penulis dalam hal ini penulis ingin meneliti mengenai nilai-nilai pendidikan tauhid tersebut dalam surat Al-Baqarah ayat 30-39. Untuk menjalankan dan melaksanakan bagaimana tugas manusia yang ssungguhnya di alam semesta ini, manusia perlu mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan tauhid yang terdapat dalam kitab suci Al Qur'an, baik itu bagaimana pengajarannya, bagaimana pengalamannya, keterampilannya, teknologi maupun sarana pendukung lainnya.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Tauhid yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 30-39. Dengan demikian dapat disajikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sini adalah kepustakaan (Library Research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku, jurnal yang bersumber dari kahazanah kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kitab-kitab tafsir yang menjadi sumber rujukan penulis untuk memahami suatu ayat. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan metode content analysis. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, mengklasifikasikan dan mennganalisis data.
Menurut peneliti, di dalam surat Al-Baqarah ayat 30-39 ini terdapat beberapa poin yang menonjol, diantaranya yaitu : Allah SWT Maha pemurah lagi Maha Penyayang, Allah SWT Maha pengampun, Tidak ada Tuhan yanng wajib kita sembah kecuali Allah SWT, Baranng siapa yang mengingkari dan tidak mentaati segala perintah dan ayat-ayat Allah SWT, maka akan menjadi penghuni neraka.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Islam


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 038
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 71 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya