Image of PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM
(Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya)

Text

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM (Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya)



Cecep Fuad Ridwan, 2019 "PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM
(Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya)" Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama islam Tasikmalaya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas yang terjadi di SMK Husnul Khotimah bahwa masih banyak siswa yang kurang memperhatikan etika berbusana muslim terutama di lingkungan sekolah, seperti halnya siswi memakai kerudung yang tidak menutup daerah dada, siswa menggunakan celana ketat bahkan ada siswi yang memakai kerudung namun masih terlihat rambutnya, padahal mereka telah mendapatkan materi tentang etika berbusana muslim dalam pembelajaran PAI. dari fenomena di atas lah penulis merasa tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya pengaruh pembelajaran PAI terhadap etika berbusana muslim siswa di kelas X SMK Husnul Khotimah Gunajaya Manonjaya Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMK Husnul Khotimah, realitas etika berbusana muslim siswa kelas X SMK Husnul Khotimah, dan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap etika berbusana muslim siswa di kelas X SMK Husnul Khotimah Gunajaya Manonjaya Tasikmalaya.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. penyebaran angket kepada 60 siswa sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analaisis deskriptif, linier regresi dan korelasional.
Hasil penelitian ini adalah bahwa korelasi kedua variabel (Variabel X dan Y) mencapai : 0,8439 hasil tersebut diinterprestasikan termasuk dalam kriteria korelasi yang tinggi karana pada daerah interval 0,70-0,90. Adapun besar penngaruh variabel X (Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) terhadap variabel Y (Etika Berbusana Muslim) di kelas X SMK Husnul Khotimah Tasikmalaya menacapai kisaran 45,74% dan 54,26% faktor lain yang mempengaruhi Etika berbusana Muslim Siswa kelas X SMK Husnul Khotimah Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 052
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 92 hlm ; 30 x 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya