Image of NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN SEMANGAT BELAJAR DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN SEMANGAT BELAJAR DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI



Dinar S. Baitan Filjannah, NIM : 1501170.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN SEMANGAT BELAJAR DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI
Pendidikan akhlak adalah hal penting di dalam dunia pendidikan. Maka dari itu bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan saja yang dibutuhkan oleh manusia tetapi kekuatan spiritual, semangat, motivasi, tekad untuk menjadi sosok manusia yang sempurna, sesuai aturan dalam ajaran Islam. Pendidikan bisa didapatkan dari mana saja selama mau berusaha. Salah satunya bisa didapatkan melalui sebuah karya sastra berupa novel. Diantaranya novel negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi, dimana dalam setiap kisah mengandung nilai-nilai pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dalam novel negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak ? dan apa sajakah nilai-nilai pendidikan akhlak dan semangat belajar dalam novel ini ? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode simak dan catat yaitu mencari data-data mengenai hal-hal yang berupa buku-buku yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Dan untuk analisis data menggunakan teknik analisis isi (Content analysis)
Berdasarkan hasil analisis dan penelitian, ditemukan dalam novel negeri 5 menara nilai-nilai pendidikan akhlak dan semangat belajar, yaitu, Akhlak terhadap Allah meliputi Beriman kepada Allah SWT, beriman kepada Allah, Ikhlas, Do'a, Menuntut Ilmu, Tawakal, Husnudzon, Ikhtiar, Syukur. Akhlak terhadap diri sendiri diantaranya, disiplin, hemat, sabar, jujur, berani (Syaja'ah). Akhlak terhadap sesama terdiri dari sopan santun, silaturrahim, persaudaraan (Ukhuwwah), tolong menolong, adil, amanah, dan birrul walidain (berbakti kepada orang tua). Semangat belajar dalam novel negeri 5 menara digambarkan dengan cukup jelas, diamana semangat dalam belajar terus didorong oleh kyai, ustadz dan teman-teman satu angkatan. Terutama saat musim ujian. Karena ujian di PM selalu jadi momen yang menegangkan dan menyenangkan.
Keyword : Pendidikan Akhlak, Semanngat Belajar, Novel Negeri 5 Menara.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 056
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 114 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya