Image of PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MIS RAHAYU KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

Text

PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MIS RAHAYU KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA



PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MIS RAHAYU KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan menulis karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas VI MIS Rahayu Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (TCL); dan 2) Mengetahui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (TCL) yang tepat dalam meningkatkan kompetensi menulis karangan siswa Kelas VI MIS Rahayu Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.
Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru kelas tempat mengajar, dengnan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester I MIS Rahayu tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, artinya peristiwa/kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan kedalam suatu bantuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase dideskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil keterampilan bercerita siswa.
Berdasarkan indikator kinerja yang telah ditetapkan nilai kompetensi menulis karangan siswa kelas VI MIS Rahayu tuntas ditentukan 80% dari jumlah siswa mendapat nilai 65 ke atas. Dari hasil tindakan melalui pendekatan CTL dapat diketahui jumlah siswa mendapat nilai 65 keatas mencapai 100% sehingga diasumsikan bahwa seluruh telah menuntaskan mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan kompetensi karangan.
Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : (1) Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (TCL) dapat meningkatkan kompetensi menulis siswa kelas VI MIS Rahayu Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya; (2) Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (TCL)dapat meningkatkan kompetensi menulis siswa kelas VI MIS Rahayu Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Peningkatan minat menulis dapat diketahui dari meningkatnya aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dan dari hasil lembar pengamatan. Sementara itu, peningkatan kompetensi menulis dapat diketahui dari hasil tes.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 067
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
x, 88 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya