Image of PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA



AAM MARYAM. PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA
IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kesimpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan sehingga sulit dipahami siswa. Siswa tidak berani menjawab pertanyaan dari guru pada awal pelajaran, siswa tidak berani bertanya, konsentrasi siswa dalam pembelajaran rendah, hanya siswa tertentu saja yang aktif dalam diskusi kelas dan siswa cenderung lupa pada pelajaran yang sudah diberikan. Hal ini disebabkan karena guru kurang kreatif, dalam kegiatan mengajar hanya berceramah saja, media kurang lengkap, metode kurang bervariasi serta kurang melibatkan siswa, mendominasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar, membatasi kreatifitas siswa dan belum menggunakan metode menarik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode discovery dengan memanfaatkan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dalam penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pertumbuhan makhluk hidup siswa kelas III MIS Cimerak kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas III MIS Cimerak smester I tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflekction). Siklus I dilaksanakan pada minggu kedua bulan November 2015. hasil belajar siklus I yang diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 74% atau 19 siswa. Siklus II dilaksanakan pada minggu ketiga bulan November 2015. Hasil belajar pada siklus II diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus II dengan ketuntasan klasikal 89% atau 23 siswa.
Saran yang dapat diambil dalam pelaksanaan tindakan kelas ini adalah : Bagi guru, dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini guru dapat menggunakan media gambar dalam penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Bagi siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA sehingga pemahaman konsep yang lebih baik sudah pasti akan meningkatkan hasil belajar IPA. Bagi sekolah, memberi masukan kepada guru tentang upaya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan media gambar dalam penerapan metode doscovery.
Kata Kunci : Metode Discovery, Media Gambar, Hasil Belajar, IPA


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 072
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 48 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya