Image of PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI MIS MIFTAHUL KHAER KECAMATAN CIBEUREUM (PTK)

Text

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI MIS MIFTAHUL KHAER KECAMATAN CIBEUREUM (PTK)



Hj. NURJAMILAH.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI MIS MIFTAHUL KHAER KECAMATAN CIBEUREUM (PTK)
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan, simbol-simbol, serta bertujuan untuk melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Anak diharapkan terampil menrapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kenyataan dilapangan anak-anak banyak mengalami kesulitan terutama kemampuan menghitung voume bangun ruang. Agar kemampuan menghitung volume di MI dapat ditingkatkan maka dapat memanfaatkan sumber belajar sekitar siswa yang berupa benda-benda konkret. Dengan menggunakan benda-benda konkret anak mampu melakukan aktivitas logis dalam memecahkan masalah, hal itulah sebagai cara untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di MIS Mathlaul Khoer
Penelitian ini menggambarkan peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang. Kegiatan yang dilaksanakan memanfaatkan benda-benda konkret sekitar siswa, dalam proses pembelajaran. Selain itu mengidentifikasi kesulitan siswa untuk pemecahan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan peneliltian tindakan kelas di kelas VI MIS Mathlaul Khoer. Data dari penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Dalam pelaksanaannya penelitian ini melibatkan teman lain sebagai pengamat dan berkolaborasi dengan teman sejawat lainnya. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dengan tiga kali siklus tindakan dan fokus yang berbeda. Siklus (1) dititik bertakan pada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang prosma segi tiga, (2) peneingkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang tabung lingkaran. Setiap siklus teridri dari tahapan-tahapan : perencanaan, pemberian tindakan, melakukan observasi, pembuatan analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dengan melalui benda-benda konkret sekitar siswa kemampuan siswa dalam berinteraksi dapat ditingkatkan sehingga suasana kelas hidup. (2) kegiatan pembelajaran yang memberi kebebasan siswa untuk memanipulasi sumber belajar yakni dengan benda-benda konkret dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang, serta anak lebih aktif, kreatif. (3) kegiatan pembelajaran dengan melalui benda-benda konkret sekitar siswa sesuai dengan karakter pemblejaran matematika, dan sesuai dengan kesiapan daya pikir anak sehingga kemampuan menghitung volume bangun ruang prisma segitiga dan tabung lingkaran dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, benda Konkret.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 075
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 54 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya