Image of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI
(Penelitian Tindakan kelas pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nagarakasih 2 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

Text

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan kelas pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nagarakasih 2 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)



IKA ROSTIKA. 15.04.239 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI
(Penelitian Tindakan kelas pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nagarakasih 2 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan 2 siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar anak apada mata pelajaran matematika pada siswa kelas III melalui metode demonstrasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 Sekolah dasar yang terdiri dari 30 orang siswa, dengan komposisi laki-laki 18 siswa dan perempuan 12 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada smester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata belajar pada siklus pertama memeperoleh nilai 67,5 dan siklus kedua memperoleh 78,6 begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 71,6 dan siklus kedua memperoleh nilai 77,3.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas 3 di MI Nagarakasih 2 kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 076
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
X, 59 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya