Image of PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS PENGUMUMAN DI MI NAGARAKSIH 2 KOTA TASIKMALAYA

Text

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS PENGUMUMAN DI MI NAGARAKSIH 2 KOTA TASIKMALAYA



LISA FITRI. PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS PENGUMUMAN DI MI NAGARAKSIH 2 KOTA TASIKMALAYA
Dalam suatu proses belajar mengajar, tidak ada suatu model ataupun metode pembelajaran yang paling baik. Cooperative Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Banyak metode yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, namun pemakaian metode yang hanya berfokus pada satu metode saja dapat membawa siswa pada kejenuhan dalam mempelajari materi menulis pengumuman akan meningkat apabila menggunakan Cooperative Learning tipe STAD. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menulis pengumuman sebelum menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD, cara penerapan metode Cooperative Learning tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa dalam menulis pengumuman setelah menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian Tindakan kelas ini bertolak dari pemikiran bahwa dengan menggunakan Cooperative Learning tipe STAD maka pemahaman siswa dalam menulis pengumuman akan meningkat.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini dilakukan melalui proses siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindakan dengan langkah-langkah secara terperinci. Adapun hasil dari peneliltian tindakan kelas ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa dalam menulis pengumuman di MI Nagarakasih 2 sebelum menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD dapat dikatakan kurang. Hal ini terbukti dari hasil pengolahan data hasil ulangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 59,82. Sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis pengumuman di MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya setelah pembelajaran mennggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD dapat dikatakan meningkat dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil pengolahan data nilai ulangan pada siklus II diperoleh nilai rta-rata sebesar 79,82.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 077
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 73 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya