Image of PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA BANGUN RUANNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MI AL-MUKHTARIYAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 4 di MI Al-Mukhtariyah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

Text

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA BANGUN RUANNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MI AL-MUKHTARIYAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 4 di MI Al-Mukhtariyah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)



PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA BANGUN RUANNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MI AL-MUKHTARIYAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 4 di MI Al-Mukhtariyah Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)
Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode eksperimen dengan media bangun ruang siswa kelas 4 MI Al-Mukhtariyah Kota Tasikmalaya semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas jenis kolaborasi yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas 4 MI Al-Mukhtariyah dengan jumlah siswa 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika pada penelitian ini yaitu 60.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa kelas 4 MI Al-Mukhtariyah semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Pada kondisi awal, siswa yang nilainya mencapai KKM terdapat 14 siswa (46,15%) dan yang belunm mencapai KKM terdapat 16 siswa (53,85%) dengan nilai rata-rata 61,31, nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 44. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan pada hasil belajar matematika siswa, dengan siswa yang mencapai nilai KKM terdapat 28 siswa (92,3%) dengan nilai rata-rata 78, nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 44. Pada pelaksanaan siklus 2, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 28 siswa dan yang belum mencapai KKM terdapat 2 siswa (7,7%), dengan nilai rata-rata 75,46, nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 47. Berdasarkan perolehan nilai hasil belajar matematika siswa pada siklus 1 sebesar 92,3% dan siklus 2 92,3%, keduanya sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan sebesar 85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dengan media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 MI Al-Mukhtariyah Kota Tasikmalaya semester 1 tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Media Bangun Ruang, Hasil Belajar Matematika


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 078
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 108 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya