Image of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KUNDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI MI Hidayatul Ulum Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Semester 2 Tahun pelajaran 2018/2019)

Text

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KUNDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI MI Hidayatul Ulum Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Semester 2 Tahun pelajaran 2018/2019)



MUKSIN. 15.04.267 "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KUNDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS"
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI MI Hidayatul Ulum Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Semester 2 Tahun pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi konduktor dan isolator panas dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas VI MI Hidayatul Ulum Ds. Gunajaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Model penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Slavin dan Isjoni dkk. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklusnya meliputi empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus diadakan refleksi untuk perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Hidayatul Ulum Ds. Gunajaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam dua siklus ini diperoleh perubahan secara kualitatif, diantaranya terjadinya keaktifan siswa dalam belajar, motivasi belajar, serta peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus ke-1 dengan rata-rata 69,09 dan pada siklus ke-2 dengann rata-rata 85,00. Maka dari itu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi konduktor dan isolator panas dengan cara menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VI MI Hidayatul Ulum Desa Gunajaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya memperoleh hasil yang sangat baik.
Kata Kunci : Prestasi, Kooperatif Tipe TAI, Konduktor, Isolator


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 079
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 62 HLM ; 20 X 30 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya