Image of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI SD NEGERI MUGARSARI KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI SD NEGERI MUGARSARI KOTA TASIKMALAYA



PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI SD NEGERI MUGARSARI KOTA TASIKMALAYA
Skripsis ini membahas : PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI SD NEGERI MUGARSARI KOTA TASIKMALAYA. Kajian ini dilatarbelakangi : bahwasanya realita saat ini yang sering membuat hidup seseorang siswa kurang terkontrol adalah karena kurangnya mempunyai impian besar. Sebagian besar mereka mengannggap semuanya gampang tanpa harus lebih berusaha, tanpa harus terlalu giat. Tetapi tidak sedikit juga siswa yang kurang memiliki IQ tinggi justru memiliki pretasi belajar yang lumayan bagus. Di sisi lain, ada sebahagian siswa yang memilki kecerdasan emosional yanng cukup tinggi selalu menjadikan semua tuntutan tugas yang diberikan oleh gurunya bisa meraih prestasi belajar yang bagus, penelitian yang diambil peneliti adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi. Korelasi merupakan suatu hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Korelasi yang digunakan peneliti adalah korelasi person atau Product Moment Corellation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kecerdasan Emosional siswa pada kelas VI di SDN. Mugarsari Kota Tasikmalaya jumalh nilai keseluruhan dari uji test angket Kecerdasan Emosional 1169 dengan nilai rata-rata 38,9 dan skor rata-rata 3,89. Skor rata-rata tersebut termasuk kriteria tinggi karena berada pada interval 3,5-4,5. 2. Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada bidang studi PAI di SDN. Mugarsari Kota Tasikmalaya, mendapatkan hasil sebagai berikut : Jumlah nilai keseluruhan 1203 dengan nilai rata-rata 40,1 skor rata-rata 4,01. Skor rata-rata tersebut termasuk kriteria tinggi karena berada pada interval 3,5-4,5. 3. Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Bidang Studi PAI kelas VI di SDN. Mugarsari Kota Tasikmalaya, koefisien korelasi kedua variabel Kecerdasan Emosional (variabel X) dan Prestasi Belajar Siswa (variabel Y) mencapai pada angka 0,836. Selanjutnya hasil koefisien korelasi disesuaikan dengan interprestasi. Maka, angka 0,836 termasuk kedalam kriteria korelasi tinggi sekali karena berada pada daerha interval 0,80-1,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa derajat pengaruh Kecerdasan Emosional (variabel X) dan Prestasi Belajar Siswa (variabel Y) di SDN Mugarsari Kota Tasikmalaya mencapai angka sebesar 69,8%, namun juga demikian harus diakui bahwasanya masih ada kisaran angka 30,2% faktor lain yang mempengaruhi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDN. Mugarsari Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 094
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 80 hlm ; 20x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya