Image of PENERAPAN PELAKSANAAN BEBAN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI JIDRIS ASSALAM KOTA TASIKMALAYA

Text

PENERAPAN PELAKSANAAN BEBAN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI JIDRIS ASSALAM KOTA TASIKMALAYA



Prosesi guru dalam dunia pendidikan menjadi komponen penting sebagai penentu tercapai tidaknya tujuan pembelajaran. hal ini diakarenakan guru sebagai tenaga pendidik memiliki tugas utama melaksanakan pendidikan dan melaksanakan administrasi lain untuk menunjang proses pendidikan. melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan seperti yang tertera dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 35 ayat 1. dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, guru diharuskan memiliki jam minimal yaitu sekurang-kurangnya 40 jam tatap muka dalam 1 minggu, seperti yang dijelaskan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 35 ayat 2. masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini mencakup (1) penerapan pelaksanaan beban kerja guru di MI jidris assalam (2) kinerja guru di MI jidris assalam (3) penerapan pelaksanaan beban kerja guru dslam meningkatkan kinerja guru di MI jidris assalam.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan obrservasi. sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif yaitu analisa dalam bentuk verbal dan uraian deskriptif. cara pembahasan yang diguanakan untuk menganalisa data adalah dengan mengguanakan pola pikir induktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang berisfat empiris kemudian temuan tersebut dipelajari dan menganalisa bisa dibuat suatu kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa menyesuaikan bahwa menyesuaikan antara jumlah guru yang dibutuhkan dengan jumalah rombongan belajar dan beban belajar akan memenuhi beban kerja guru yang harus dipenuhi oleh semua guru terutama guru PNS, infasing dan sertifikasi. penerapan pelaksanaan dan pemenuhan terhadap beban kerja guru merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan kinerja guru. peningkatan kerja guru juga dilakukan dengan cara mengadakan dan engikut sertakan pelatihan, mengadakan study banding, menerapkan sistem reward dan punishment serta menerapkan penilaian kinerja guru (PKG). kinerja guru dilihat dari pemenuhan kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan meliputi kompetensi pedagigik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesioanl.

Kata kunci: beban kerja guru, kinerja guru


Ketersediaan

G102G102Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G102
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;54Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya