Image of PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NURUSSALAM KECAMATAN JATIWARAS KABUPATEN TASIKMALAYA

Text

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NURUSSALAM KECAMATAN JATIWARAS KABUPATEN TASIKMALAYA



Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru. hal ini tidak terlapas dari tanggung jawab sekolah sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan. salah satu penentu kinerja guru adlaah peran kepala sekolah. yaitu bagaimana kepala sekolah meningkatkan kinerja guru melalui strategi-strategi yang diberikan nya.

Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul peran kepala madrasah dalam meningkatakan kinerja guru di Mts Nurussalam kecamaatan jatuwaras kabuapaten tasikmalaya.
Fokus penelitian dalam menulis skripsi ini adalah: 1) peran kepala sekolah dalam meningkatakan kinerja guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya. 2) strategi yang diguanakan kepala sekolah dlam meningkatkan kinerja guru di mts nurussalam kecamataan jatiwaras kabupaten tasikmalaya 3) dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatakn kinerja guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya. tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peran guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya.

Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, obervasi dan dokumentasi. teknik analisis data mengguanakn metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian kata (data display) dan menarik kesimpualn dan verifikasi.

Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulakn 1) peran kepala madrasah dalam meningkatakn kinerja kerja guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya. sebagai survisor, educator dan motivator. 2) strategi yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja kerja guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya. dibagio menjadi dua bagian, yaitu strategi formal dan non formal. strategi formal terdiri dari periapan, metode dan evaluasi sekolah kepala sekolah dalam meningkataakn kinerja kerja guru, serta beberapa kegiatan pelatihan dan workshop. sedangkan strategi non formal terdiri dari pemberian motivasi, pemberian reward da punishment dan pembinaan kedisiplinan 3) dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja kerja guru di mts nurussalam kecamatan jatiwaras kabupaten tasikmalaya sebagai berikut: a) terjadi kualitas dari para guru terutama dalam mengelola kelas dengan mengadakan pengawasan secara strategis (perencanaan, metode dan evaluasi) b) meningkatkan kemndirian dan kompetensi dan terciptanya guru yang mumpuni dalam profesinya masing-masing dan saling membantu antara yang lain apabila ada kekurangan atau kesulitan c) guru termotivasi untuk mencari wawasan keilmuan dari berbagai sumber. d) meningkatkan kinerja yang positif dan produktif e) disiplin waktu dan guru berusaha keras untuk disiplin dimana pun berada

Kata kunci : peran kepala madrasah, kinerja kerja


Ketersediaan

G104G104Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G104
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;58Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya