Image of PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PENENAMAN MODAL ASING DAN PENANANMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA PAERIDE TAHUN 2010.I-2019.IV (PARTIAL ADJUSMENT MODEL)

Text

PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PENENAMAN MODAL ASING DAN PENANANMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA PAERIDE TAHUN 2010.I-2019.IV (PARTIAL ADJUSMENT MODEL)



PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO ONDOESIA PERIODE TAHUN 2010.I-2019.IV
(Partial adjustment model)
ABSTRAK
OLEH:
IQBAL HUSEN SOLEHUDIN
NPM : 1603164

Pembimbing I : Junjun Arip Nugraha, S.E., M.
Pembimbing II : Siti Sundari,S.Pd,. MM.

Sebagai negara berkemabng, indonesia memiliki maslaah uatama dalam hal permodalan. modal dibagi menjadi dua, yaitu dari dalam negeri dan modal dari luar negeri yang biasa disebut dengan utang. dalam perkembangannya, indonesia lebih memilih untuk menggunakan cara instan dan cepat untuk membiayai perekonomian dengan menggunakan utang luar negeri. penggunaan utang luar negeri ini dalam jangka pendek mauapun panjang akan mempengaruhi perekonomian. indikator lain yang juga terkait dengan permodalan adalah penanaman modal asing (PMA) san penanaman modal dalam ngeri (pmdn)

Tujuan penelitan ini adalah untuk mngetahui bagaimana pengaruh variabel utang luar negeri, penanaman modal asing,penanaman modal dalam negeri terhadap produk domestik brotu indonesia dalam kurub waktu 2010.I-2019.IV. dengan menggunakan data time series data kuartalan dipilih untuk memenuhi asumsi penelitian data time series. analisis data pada penelitian ini menggunakan metode partial adjusment. uji hipotesis menggunakan pengujian secara parsial (uji t), simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2) dan uji elastisitas. uji asumsi klasik dengan heterokesdastisita, linieritas dan autokorelasi. data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data utang luar negeri (pemerintah, bakn central dan swasta), penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri tahun 2010.I-2019.IV. hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel independen, yaitu utang luar negeri, memilikipengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan produk domestik bruto indonesia. variabel utang luar negeri dan penanaman modal dalam negeri memiliki pengruh yang signifikan kearah positif terhadap PDB, sedangkan variabel penanaman modal asing memiliki pengaruh yang signifikan ke arah negatif terhadap PDB.
Kta kunci : ODB, utang luar negeri, PMA, PMDN


Ketersediaan

G132G132Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G132
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;82Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya