Image of DETERMINASI FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI (STUDI KASUS DI NAGARAKASIHKALER KECAMATAN CIBEUREUM PADA TAHUN 2019)

Text

DETERMINASI FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI (STUDI KASUS DI NAGARAKASIHKALER KECAMATAN CIBEUREUM PADA TAHUN 2019)



DETERMINASI FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI
(STUDI KASUS DI NAGARAKASIH KECAMATAN DIBEUREUM PADA TAHUN 2019)
ABSTRAK
OLEH:
II FARIDAH
NIM : 1603121
Pembimbing I : Dede Aji Mardani
Pembimbing II : Siti Sundari

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari modal dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi di nagarakasih kelaer kecamatan dibeureum pada tahun 2019

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. sumber data berasal dari penyebaran kuesioner dan wawancara. jumlah sampelnya sebanyak 37 responden. teknik pengolahan data dengan menggunakan uji hipotesis dan uji asumsi klasik serat penganalisian datanya menggunakn regresi linier berganda dengan bantuan sofware eviews 9

Hasil penelitian tersebut menunjukan secara parsial bahwa modal berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhapdp pendapatan petani. sedangkan tenaga kerja berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap pendapatan petani padi. dan secara simultan bahwa modal dan tenaga kerja berpengaruh secara sinifikan terhadap pendapatan petani padi di nagarakasih kaler kecamatan cibeureum pada tahun 2019. besarnya pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi di nagarakasih kaler kecamatran cibeureum pada tahun 2019 adalah 52,5%. faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pendapatan petani yaitu modal, sedangkan faktor yang memberi pengaruh kecil adalah tenag kerja. sisanya adalah sebesar 47,5% merupakan pengaruh dari iklim, tanah, pelatihan dan faktor lainnya tang tidak terdapat pada penelitian ini.

Kata kunci : pendapatan, modal dan tenaga kerja


Ketersediaan

G137G137Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G137
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;120Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya