Image of EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN PAI(STUDI KASUS DI RA AL-MUKHALISHIN KOTA TASIKMALAYA)

Text

EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN PAI(STUDI KASUS DI RA AL-MUKHALISHIN KOTA TASIKMALAYA)



ABSTRAK
Amalia Setiani.1701118. Efektivitas Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini Pada Pembelajaran PAI(Study Kasus Di RA Al-Mukhlishin Kota Tasikmalaya).
Penelitian ini membahas tentang efektivitas media gambar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia dini pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di RA Al-Mukhlishin Kota Tasikmalaya. Kajian ini di latar belakangi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan efektivitas media gambar dalam meningkatkan daya ingat anak.Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif guna mengetahui peningkatan daya ingat anak dalam pembelajaran PAI menggunakan tes. Tes di lakukan untuk mengukur daya peningkatan daya ingat anak terhadap materi pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini teknik analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data yang di peroleh dari hasil tes. Metode yang di gunakan yaitu metode korelasi, dimana metode korelasi ini di lakukan dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti. Teknik analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Korelasi Product Moment dari SPSS 21. Dalam pengumpulan data-data penelitian menggunakan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya yaitu: angket(kuesioner), dokumentasi, observasi dan wawancara. Dengan ujian data yang menggunakan SPSS 21, data di peroleh melalui pengisian angket atau kuesioner yang di isi oleh siswa. Uji coba instrumen penelitian yang di lakukan di antaranya yaitu: uji validitas, uji reliabitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia dini pada pembelajaran PAI di RA Al-mukhlishin, berdasarkan nilai signifikan dari output ANOVA SPSS, dapat di lakukan pembahasan hipotesis yang di ajukan sebagai berikut, yaitu: berdasarkan nilai signifikansi(sig.) 254>0,05 maka hipotesis di tolak artinya secara stimulan tidak berpengaruh dan berdasarkan perbandingan fhitung(1.347)< ftabel(4.11) maka hipotesis di tolak secara stimulan tidak berpengaruh. Efektivitas media gambar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia dini pada pembelajaran PAI di RA Al-Mukhlishin, berdasarkan nilai korelasi 0,199 pada kriteria Guilford(Guilford Empirical Rule) berapa pada rentang interval 0,00-0,199. Hal tersebut menunjukan media gambar mempunyai hubungan yang sangat kecil dan bisa di abaikan terhadap daya ingat anak usia dini, sehingga dapat di simpulkan, bahwa variabel tersebut tidak mempunyai hubungan yang signifikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H093
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,77hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya