Image of UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN PADA ANAK DIDIK DI MASA PANDEMI DAN IMPLIKASINYA BAGI KARAKTER SISWA

Text

UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN PADA ANAK DIDIK DI MASA PANDEMI DAN IMPLIKASINYA BAGI KARAKTER SISWA



ABSTRAK
Nama: Wulandari Hujaimah
NIM: 1701241
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Upaya Guru Agama Dalam Memberikan Pendidikan Akhlak Melalui Kitab Al-Akhlak Lil Banin Pada Anak Didik Di Masa Pandemi Dan Implikasinya Bagi Karakter Siswa ( Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Munawaroh Cikoneng Kota Taikmalaya)
Akhlak merupakan kunci dan pondasi utama bagi manusia untuk memperoleh kemuliaan dan kebahagiaan hidup didunia, oleh karena itu kita butuh alat untuk meraihnya, pendidikan akhlak sejak dini sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua atau pendidik terhadap anak-anak atau anak didiknya, sehingga bisa terwujud manusia yang memiliki budi pekerti baik.
Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin karya Syekh'Umar Bin Ahmad Baraja , dengan rumusan masalah (1) bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid 1 karya Umar Bin Ahmad Baraja
dalam dunia pendidikan, (2)bagaimana relevansi kitab Al-Akhlak Lil Banin karya Syekh Umar Baraja dalam konteks akhlak masa kini, (3) bagaimana implikasi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin terhadap siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah AL-Munawaroh (4) bagaimana upaya guru dalam memberikan pendidikan akhlak dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library search atau study kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini , maka dapat kami simpulkan bahwa upaya guru agama dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak didik sudah cukup baik dan siswa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya , selain itu siswa dapat mengimplikasikan kembali akhlak yang baik dimulai dari lingkungan rumah dan membiasakan untuk melakukan perbuatan yang baik seperti cara menghormati,berbicara sopan, dan bersikap secara baik kepada semua orang. Semua ini tidak terlepas dari kerja sama semua guru yang ada disekolah. Dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Syekh Umar Bin Ahmad Baraja mengemukakan bahwa akhlak yang baik menjadikan sebab kebahagiaan manusia didunia dan diakhirat, dan sebaliknya akhlak yang buruk itu menjadikan celaka manusia didunia dan diakherat. Yang paling penting dari pendidikan akhlak terhadap anak adalah dapat membentuk generasi muda yang islami,cerdas,dan bertakwa kepada Allah SWT.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H095
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,71hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya