Image of IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYYAH PERSIS GANDOK BUNGUR SARI KOTA TASIKMALAYA

Text

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYYAH PERSIS GANDOK BUNGUR SARI KOTA TASIKMALAYA



ABSTRAK
WILDAN FAUZI NURHILMI.2018. Iplementasi Metode pembelajaran Fieldtrip Dalam Meningkatkan Kreatifitas siswa kelas v di Madrasah ibtidaiyyah Persis Gandok Bungur sari kota tasikmalaya.
Proses pembelajaran pada hakikatnya untuk mengembangkan aktifitas dan kreatifitas peserta didik melalui berbagai interaksi pengalaman belajar.Proses pembelajaran tematik dalam kelas yang berlangsung di madrasah,dalam pelaksanaannya masi menunjukan adanya permasalahan,terutama dalam aspek kreatifitas dan keterampilan. kebanyakan metode pembelajaran yang di gunakan adalah motode konvensional antara ceramah dan diskusi,pembelajaran yang terjadi pada satu arah dan kurangnyah parsitisipatori siswa.Siswa kurang mendapat kesempatan untuk mengekporasi kreatifitas dan penampilannya. dari permasalahan ini, maka perlu ada di langkah, penerapan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kreatifitas siswa.Salah satu yang digunakan adalah metode pembelajaran fieldtrif, yang di desain untuk keaktifan dan pengembangan kreatifitas siswa.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui implikasi penerapan metode fieldtrip terhadap kreatifitas siswa kelas V MI persi gandok. (2) untuk mengentahui kreatifitas peningkatan siswa kelas V MI Persis gandok setelah di gunakan meetode faildtrip.
untuk mencapai tujuan diatas, di gunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif partisifan yang di lakasanakn dengan dua kali siklus penelitian.instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara tugas. data di analisis dengan reduksi data yang tida relevan,memaparkan data dan meraih kesimpulan.
hasil penelitian penunjukan bahwa,(1) metode pembelajaran filedtrip mampu meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembuatan karya hasil pemebelajaran.(2) metode pembelajaran filedtrif dapat meningkatkan indekskreatifitas dan keterampilan siswa. kreatifitas siswa mengalami pemerataan dan mencapai nilai KKM yang di tentukan. kreatifitas siswa meningkatkan menjadi 79,5% , daya serap 79,56% dan ketuntasan belajar menjadi 80%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H128
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,124 hlm ; 21,5 x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya