Image of IMPLEMIENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN  KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR'AN  SANTRI DI PONDOK UMMUL QURRO AL ITTIHAD PURBARATU KOTA TASIKMALAYA

Text

IMPLEMIENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR'AN SANTRI DI PONDOK UMMUL QURRO AL ITTIHAD PURBARATU KOTA TASIKMALAYA



ABSTRAK
UES ILHAM,2020.IMPLEMIENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR'AN SANTRI DI PONDOK UMMUL QURRO AL ITTIHAD PURBARATU KOTA TASIKMALAYA.
Metode ummi merupakan metode yang mengenalakan cara membaca al qur'an dengan tartil.Dalam pembelajaran metode ummi di gunakan sebuah pendekatan , pendekatan itu adalah pendekatan bahasa ibu.pendekan itu ada tiga strategi: yaitu: Direct method (langsung), repetition (di ulang-ulang), affection ( kasih sayang yang tulus). tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimanakah implemenatsi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran santri di pondok pesantren al-ittihadd purbaratu kota tasikamalaya?; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat impementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran santri di pondok pesantren al-ittihadd?;(3) bagaimana hasil implemenatsi ini dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran di pondok pesantren al-ittihadd?.Untuk mencapai di atas, di gunakan jenis penelitian dekriftif kualitaif.teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumenatasi hasil menunjukan bahwa: (a) model pembelajaran ummi yaitu dengan cara kelasikal (satu kelas membaca bersam sama sesuai dengan perintah guru), klasikal baca simak (siswa membaca berbeda sesuai dari setiap halamanya sesuai dengan petunjuk guru),klasikal baca simak murni (satu siswa praktek siswa lain medengarkan dan siswa yang lain menyimak yang mebaca), dan klasikal individual ( satu siswa persatu dan siswa yang lainnya menyimak). dalam proses pembelajaran, metode ummi di ajarkan melalui tujuh tahapan.(b) faktor pendukung dan penghambat:1 guru yang propesional 2.sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai . 3.jam tambahan di kobong.faktor penghambat di antaranya adalah:1.kemampuan santri yang bersekolah 4. guru kurang jam pengajar (C). Hasil implemntasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran santri pondok pesantren al ihtihad pembaca alquran memahami peningkatan dan perkembangan selama menggunakan metode ummi dan demikian dapat terimplementasikan membaca alquran dengan motode ummi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H131
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 68 21,5 x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya