Image of Pendidikan Karakter
PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA

Text

Pendidikan Karakter PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA



BAB 1 PENDAHULUAN
A. Indonesia di Tengah Krisis Karakter Bangsa
B. Dekadensi Moral Pemuda Indonesia dan Melemahnya Karakter Bangsa
C. Di Lema Antara Pendidikan dan Sekolah
BAB 2 HAKIKAT PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Pendidikan Karakter
B. Pendidikan Karakter Sebagai Suatu Sistem
C. Hakikat Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Bangsa
D. Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
BAB 3 HAKIKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER
A. Konsep dan Makna Belajar
B. Pengertian dan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Karakter
C. Pengajaran Sebagai Suatu Sistem
D. Pengertian dan Asas-asas Mengajar Pendidikan Karakter
E. Proses Belajar Mengajar Pendidikan Karakter
F. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter
G. Aplikasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah
BAB 4 DASAR-DASAR PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Dasar Pendidikan
B. Konsep Dasar Pendidikan
C. Dasar Religius Pendidikan Karakter
D. Dasar Operasional Pendidikan Karakter
E. Dasar Konsitusional Dalam Operasional Pendidikan Karakter
F. Rujukan Penyusun Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter
BAB 5 PARADIGMA, VISI, FUNGSI, TUJUAN, DAN TAHAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER
A. Paradigma Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter
B. Visi Pendidikan Karakter dan Paradigma Islam
C. Fungsi Pendidikan Karakter
D. Tujuan Pendidikan Karakter
E. Tahap Perkembangan Pendidikan Karakter
G. Restorasi Pendidikan Karakter Berbasis nilai agama dan budaya bangsa
BAB 6 PERAN PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
A. Urgensi Powerfull Pendidikan dalam Perkembangan Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia
B. Revitalisasi Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan SDM
C. Merancang Strategi Pembelajaran Yang Mencerahkan
D. Powerfull Pendidikan Untuk Meningkatkan SDM.
E. Revolusi Cara Belajar Menuju Sekolah Masa Depan
F. Karakteristik Pendidik yang Berkakter
BAB 7 MEMBENTUK KETERAMPILAN SISWA YANG MENCERAHKAN
A. Antagonisme Pendidikan "Gaya Bank" dan Penyakit "Budaya Pendidikan"
B. Reformasi Pendidikan Dengan Accelerated Learning
C. Misi Pendidikan untuk Membentuk Skill Peserta Didik yang Mencerahkan
D. Tujuan Pendidikan dan Paradigma Pendidikan yang Sejati
E. Tidak ada Peserta Didik yang Bodoh, Semuanya Memiliki Kecerdasan
F. Persoalan SDM
G. Revolusi Cara Belajar Sekarang Juga
H. Metode Pendidikan Yang Mencerahkan
I. Solusi Problematika Anak Minus dan Super Di Sekolah
J. Komunitas Sebagai Wahana Membentuk Keterampilan Siswa
BAB 8 KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER
A. Kurikulum Pendidikan di Indonesia Dari Masa Ke Masa
B. Perubahan Kurikulum Pendidikan 2013
C. Pengertian Kurikulum Pendidikan Karakter
D. Komponen Kurikulum Pendidikan Karakter
E. Konsep Kurikulum Pendidikan Karakter
F. Dasar Kurikulum Pendidikan Karakter
G. Prinsip Kurikulum Pendidikan Karakter
H. Ciri-ciri Kurikulum Pendidikan Karakter Secara Umum
I. Hal Penting dalam Kurikulum Pendidikan Karakter
J. Orientasi Pembinaan dan Capaian Kompetensi dalam Kurikulum Pendidikan Karakter
L. Merancang Kurikulum Berbasis Karakter Pada Usia Dini
BAB 9 PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA
A. Prolematika Mutu Pendidikan Secara Umum
B. Substansi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa
C. Sasaran Pembangunan Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
D. Fungsi Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
E. Ruang Lingkup Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
F. Dimensi Keagamaan dan Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Karakter
G. Skala Prioritas Pendidikan Karakter berbasis Agama Dan Budya Bangsa
H. Kemampuan Dasar Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa
BAB 10 SISTEM DAN METODE PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA
A. Sistem Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
B. Teori Belajar dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa
C. Startegi Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
D. Psikologi Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
E. Filsafat Pendidikan Krakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
F. Metode Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa
I. Metode Pengembangan Keterampilan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
BAB11 PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA
A. pergeseran Nilai Agama dan budaya bangsa dalam perubahan soaial
B. Keluiarga sebagai transferensi pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa bagi anak
C. Urgensi dan esensi sistem pengajaran berbasis agama dan budaya bangsa
D. Kesadarab beragama dalam membentuk karakter bangsa
E. Islamisasi ilmu dan intregitas kepribadian muslim
BAB12 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA BANGSA
A. Pentingnya Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
B. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
C. Peran Guru Dalam Mengimplemenrasikan Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya di Lingkungan Sekolah
D. Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa Melalui IQ, SQ, dan EQ di lingkungan
Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
BAB 13 EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Evaluasi Pendidikan
B. Pentingnya Evaluasi dalam Pendidikan Karakter
C. Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pendidikan Karakter
D. Apa dan Siapa yang Di Evaluasi dalam Pendidikan Karakter
E. Hal-hal Pentingnya Yang Di Lakukan dalam Evaluasi Pendidikan Karakter
BAB 14 ARAH PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROFIL PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER
A. Arah Pendidikan Berkarakter
B. Profil Peserta Didik yang Berkarakter
C. Mengembangkan Potensi Peserta Didik Menjadi Manusia Berkarakter
BAB 15 TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN KARAKTER DI RUMAH TANGGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT
A. Tiga Lingkungan Pendidikan Sebagai Penentu Kepribadian Anak
B. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Dan Internalisasi Nilai-nilai Agama dan Budaya Bangsa
C. Langkah dan Proses Pendidikan Moral dan Karakter pada Anak Dalam Keluarga, sekolah, dan Masyarakat
D. Periode Sasi Pendidikan Dalam Islam
E. pola Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa di Sekolah
F. Pola Pendidiokan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa pada Masyarakat
BAB 16 MEMBENTUK KARAKTER UNGGUL DENGAN KREATIVITAS DALAM KEHIDUPAN
A. Ciri-ciri Masyarakat Kreatif
B. Upaya Membangun Kreativitas Masyarakat
C. Pembudayaan Sikap Kreatif
D. Membudayakan Belajar dan Bekerja
BAB 17 CETAK BIRU KARAKTER UNGGUL MELALUI KRETIVITAS ANAK
A. Pengertian Kreativitas
B. Anak dan Lingkungan
C. Pola Pendidikan Anak
D. Metode Mendidik anak
E. Kreativitas Anak Secara Realita
F. Kreativitas dan Daya Kecerdasan Intelektual Anak
BAB 18 PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER UNGGUL DENGAN KREATIVITAS
A. Posisi Kelahiran dan Proses Kreativitas
B. Ciri-ciri Kepribadian Kreatif
C. Proses-proses Kreativitas
D. Pembinaan Bagi Anak Kreatif
E. Komunitas Anak Kreatif
F. Indikator dan Instrument Anak Kreatif
BAB 19 Membudayakan Karakter Unggul Melalui Kreativitas Demi Masa Depan Peradaban
A. Tradisi Kreativitas Untuk Perubahan Konstuktif
B. Pengaruh Kultur sosial Budaya Terhadap Kreativitas
C. Penyebaran Kreativitas dan Tanggung Jawab Ilmuan
BAB 20 MOTIVASI SEBAGAI SUPLEMEN MEMBENTUK PRIBADI YANG BERKARAKTER UNGGUL
A. Motivasi Iman Dan Amal Shaleh
B. Motivasi Membangun Perabadan Dalam Kehidupan
C. Motivasi Untuk Berprestasi
D. Motivasi Untuk Berkopetensi Secara Sehat
E. Motivasi Diri untuk Sukses
F. Motivasi Ikhtiar yang Profesional dan Maksimal
G. Motivasi Belajar dan Berlatih
BAB 21 PENGEMBANGAN INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM BERPIKIR SEBAGAI CIRI BERKARAKTER PEMIMPIN
A. Pengertian Berpikir
B. Hal-Ihwan Berpikir Inovatif Dan Kreatif
C. Mengetahui Sifat-sifat Para Kreator dan Inovator
D. Mengembangkan Pemikiran Inovatif dan Kreatif Pada Diri Anak
E. Mengembangkan Pikiran Inovatif dan Kreatif pada Anak
F. Prinsip-prinsip Asasi dalam Curah Gagasan
BAB 22 BINGKAI ANAK CERDAS CENDEKIA YANG BERKARAKTER PEMIMPIN
A. Ciri-ciri pemikiran sentral pada anak
B. Kiat -kiat meningkatkan kecerdasan anak
c. cara mengetahui dan menilai kecerdasan anak
D. Kewajiban orangtua terhadap anak yang cerdas
BAB 23 MENCIPTAKAN KARAKTER PEMIMPIN MENUJU INSAN CENDEKIA
A. Pembinaan kader umat yang kreatif
B. Mengenal organisasi
C. Hal-ihwal manejemen organisasi
D. Memahami administrasi
E. Kiat menyajikan informasi secara efektif dan efesien
F. Kriteria fasilitator
G. Teknik diskusi bagi fasilitator
H. Cerdas dalam diskusi
I. Cendekia dalam komuniksi
BAB 24 KARAKTER UNGUL YANG BERJIWA INSAN CENDIKIA DAN KARAKTER PEMIMPIM YANG BERWAWASAN ULUL ALBAB
A. Kemerosotan sains umat islam
B.Sumber ilmu dan pemikiran sebagai pengembangan wawasan ulul Albab
C. Antara wahyu dan alam
D.Karakteristik Ulul Albab
E. Perpanduan imtak dan iptek menjadi wawasan ulul Albab
p


Ketersediaan

370114ANASp370.114 ANAS pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.114 ANAS p
Penerbit CV PUSTAKA SETIA : Bandung.,
Deskripsi Fisik
vii,431 hlm;12,5x23,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370.114
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya