Image of PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Text

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI



BAGIAN I Pendidikan Anbak Usia Dini di Sekolah Dewasa Ini
BAB 1 Anak-Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun di Sekolah: Masa Lampau yang ada Saat Ini
Masa Lampau
Kekuatan Sosial
Tantangan-tantangan
Perubahan Terus-Menerus
Masa Kini
Masa Lampau Masih Ada
Kesamaan Filosofis
Kesamaan Praktik
Rangkuman
Perluas Gagasan-Gagasan Anda
Sumber
Kepustakaan
BAB 2 Memahami Kesiapan Belajar dalam Konteks Teori dan Penelitian
Teori Kesiapan Belajar
Teori Maturasional tentang Kesiapan Belajar
Teori Behaviorisme tentang Kesiapan Belajar
Teori Konstruktifis tentang Kesiapan Belajar
Masalah Sekitar Kesiapan Belajar
Kekuatan Sosial
Menerapkan Teori
Menolak Masuk-Usia Masuki
Penahamam di Tanam Kanak-Kanak
Kurikulum Dewasa Ini
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Kepustakaan
BAGIAN II Siap atau Tidak Siap
Bab 3 Pertumbuhan danbn Perkembangan Anak-Anak Usia Tiga, empat, dan Lima
Seperti Apa Anak-Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun?
Perkembangan Fisik
Perkembangan Ekonomi
Perkembangan Bahasa
Perkembangan Kognitif
Perkembangan Sosial
Harapan Perilaku
Pengembangan Efektivitas
Perbedaan Perkembangan Individu
Keragaman Budaya
Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Kepustakaan
Literatur Anak yang Dikutip
BAB 4 Apakah Sekolah Siap Menampung Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun?
Kebijakan Struktural
Tujuan Keseluruhan
Ukuran Kelompok dan Perbandingan Guru/Murid
Kurikulum
Kebijakan Lokal dan Daerah
Usia Masuk dan Penundaan
Ruang Fisik
Lamanya Hari Sekolah
Jadwal dan Rutinitas
Bekerja dengan Orang Lain
Para Guru ESL
Kebutuhan-Kebutuhan Khusus
Para Pakar Bidang Kurikulum
Melibatkan Orang Tua
Komunikasi
Percaya Diri dan Percaya Orang Lain
Kerja sama dan Kolaborasi
Konferensi Orang tua-Guru
Dewan Penasihat
Pelibatan Keluarga
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Literatur Anak yang Dikutip
BAB 5 Ruang Kelas Siap
Apa dan Mengenai Pusat-Pusat Minat
Pusat Minat
Arena Permainan Sosiodrama
Potongan-Potongan Kayu
Arena Perpustakaan
Arena Menulis
Arena Kesenian
Arena Matematika
Arena Sains
Arena Musik
Arena Teknologi
Tempat Untuk Menyendiri
Kenyataan
Tempat Belajar di Luar Gedung
Kegiatan Fisik
Kegiatan Lain di Luar Gedung
Peran Guru
Mengevaluasi Ruang di dalam dan di Luar Gedung
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
BAB 6 Guru Siap Membimbing Prilaku Anak-Anak
Perilaku Anak Usia Tiga Tahun
Perilaku Anak Usia Empat Tahun
Perilaku Anak Usia Lima Tahun
Menuntun Prilaku Anak Usia Tiga Empat dan Lima Tahun
Membimbing Anak-Anak Agar Percaya Diri
Guru Harus Mendukung
Guru Harus Positif
Guru Harus Menngakui Persaan Anak-Anak
Guru Harus Memberi Teladan dan Bimbingan
Guru Harus Menentang Stereotype dan Prasangka
Strategi Pengajaran Keterampilan Sosial
Penerimaan
Membentuk Persahabatan Kasih Sayang
Belajar Bekerja Sama
Mencegah Berbagai Masalah
Lingkungan
Kurikulum yang Pantastis
Rutinitas dan Jadwal
Harapan yang Jelas dan Konsisten
Mengelola Kelompok
Bila Tuntutan Lebih Banyak
Pengelolaan Prilaku
Pendekatan Psikoanalisis
Pendekatan Kognitif Sosial
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Bacaan Anak-Anak yang di Kutif
BAB 7 Perencanaan Kurikulum Terpadu
Mendefinisi Sebuah Kurikulum Terpadu
Unit, Proyek, dan Belajar Tematis Mempunyai Kesamaan-Kesamaan
Unit, Proyek, dan Belajar Secara Tematis Bedanya Sangat Tipis
Menciptakan Kurikulum Terpadu
Memilih atau Topik
Mendefinisikan Sasaran-Sasaran Mengorganisasikan Sasaran-Sasaran
Sasaran Menulis
Mengidentifikasi Isi yang Sesuai dengan Perkembangan
Perggabungan
Mengimplementasikan Kurikulum Terpadu
Mengembangkan Kerangka Kerja Atau Jadwal
Mempernalkan Tema, Unit, atau Proyek
Peralihan dari satu Unit Ke Unit Lain
Mengevaluasi Proyek, atau Unit Rangkuman
Perlu Gagasan Anda
Sumber Kepustaka
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang di Kutif
BAB 8 Menilai Anak Usia 3-5 Tahun
Metode Penilaian dan Evaluasi
Evaluasi dan Penilaian Sejati
Pengamatan
Pengamatan Bercerita atau Melucu
Daftar Periksa dan Skala
Pemeringkatan
Wawancara Terstruktur
Standar dan Pembanding Kinerja
Contoh Karya dan Portopolio
Evaluasi Diri
Tes Standar
Tes Kesiapan Belajar
Tes Kemajuan Belajar
Tes Saringan dan Diagnostiik
Tes Kecerdasan
Isu-Isu Penilaian
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
BAB 9 Seni Untuk Anak-Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun
Nilai Kesenian
Mengembangkan Ekspresi Kesenian
Kekuatan Mencoret-Coret
Membina Kemajuan dan Menghargai Seni
Standar Nasional
Memotivasi Pengungkapan Kesenian Anak
Memilih Media Seni dan Membimbing Produksi Sesni Anak-Anak
Menggambar
Mewarnai
Merajut dan Menjahit Kain Tenun
Membuat Model
Kontruksi, Kolase dan Komputer
Mengavaluasi dan Menilai Kemajuan Anak-Anak
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang Di Kutip
BAB 10 Musik dan Gerak
Musik itu Integram
Nilai Musik
Musik Berkembang
Irama dan Gerakan Berkembang
Mendengarkan Musik Berkembang
Menyanyi Berkembang
Membina Kemajuan Anak Dalam Menciptakan dan Membuat Musik
Standar Nasional dan Tujuan Pendidikan Musik
Gerak
Mendengarkan
Menyanyi
Mengevaluasi Dan Menilai
Perkembangan Musik Anak-Anak
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang di Kutip
BAB 11 Belajar Baca Tulis Untuk Anak Usia Tiga, Empat dan Lilma Tahun
Pemahaman Baca Tulis
Perkembangan Baca Tulis
Perkembangan Bahasa Sebagai Dasar Baca Tulis
Pemahaman Penomik
Memahami Huruf Cetak
Huruf Cetak Lingkungan
Belajar Abjad
Menciptakan Huruf Cetak
Perkembangan Menulis yang Perlu Di Ketahui Anak-Anak
Tentang Baca Tulis Pengetahuan Baca Tulis Yang Harus diperoleh Anak-anak 3-4 Tahun Sebelum Kelas Satu
Metode-metode Mengajar Membaca
Pendekatan Bahasa Seutuhnya
Pendekatan Fonik
Polamik Mengenai Membaca Motivasi dan Membaca Anak-anak ESL dan Membaca
Pembaca Matang Dini
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Literatur Anak Yang Dikutip
BAB 12 Senian Bahasa Untuk Anak-anak Usia Tiga,Empat dan Lima Tahun
Membangun Bahasa dan Baca Tulis
Lewat Kurikulum
Empat Komponen Kurikulum Seni Bahasa
Menerjemahkan Tujuan Kedalam Praktik
Membaca Buku
Jenis-jenis Buku
Buku dalam Aneka Format
Kegiatan Waktu Ligkaran
Merancang Hari
Membicarakan tentang Pembelajaran
Membicarakan Berbagai Cerita
Memeriksa Beberapa Berita
Kegiatan-kegiatan Pusat
Puisi,syair,dan nyanyian dalam kurikulum
Menulis
Menulis Masuk Kurikulum
Mengembangkan Pengetahuan
Huruf Cetak
Memadukan Belajar Huruf Seturut Kurikulum
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang Dikutip
BAB 13 Matematika Terpadu dalam Pendidikan Dini
Daya Pikir dan Matematika Anak-anak Usia Tiga,Empat dan Lima Tahun
Komponen Hakiki Kurikulum
Matematika untuk Anak-anak Usia Tiga,Empat,dan Lima Tahun
Mengembangkan Bahasa Matematika
Kesempatan Interaftif Untuk Pengalaman Matematika
Memotivasi Minat Terhadap matematika
Standar Matematika untuk Anak-anak Usia Tiga,Empat,dan Lima Tahun
Bilangan
Aljabar
Penggolongan
Pola-pola
Geometri
Pengukuran
Analisi data dan Pribolitas
Memadukan Matematika di Seluruh
Rangkuman
Perluas gagasan Anda
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang Dikutip
BAB 14 Anak-anak mempelajari Dunia Mereka: Kehidupan,Fisika dan Ilmu Bumi
Keterampilan Penelitian Ilmiah
Mengajukan Pertanyaan
Merancang Penyelidikan
Melakukan Penyelidikan
Mengordinasikan dan Menafsirkan Informasi
Mengkomsumsi Kepada Orang Lain
Muatan Ilmu Biologi,Fisika dan Ilmu Bumi
Ilmu Biologi
Ilmu Fisika
Ilmu-Ilmu Bumi
Mengevaluasi dan Menilai Belajar
Rangkuman
Perluas Gagasan Anda
Sumber
Daftar Pustaka
BAB 15 Studi-studi Sosial
Mendefinisikan Studi-studi Sosial
Tema-tema Studi Sosial
Mengorganisasi Studi-studi Sosial
Waktu,Kesenambungan,dan Perubahan
Orang,Tempat dan Lingkungan
Produksi,Distribusi,dan Komsumsi
Partisipasi dan kooperasi
Rangkuman
Perluas Gagasan anda
Sumber
Daftar Pustaka
Bacaan Anak yang Dikutip


Ketersediaan

37221CSBp372.21 CSB pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.21 CSB p
Penerbit Pt indeks : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
vii,466 hlm;23x15 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya