Image of IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Text

IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM



BAB I MENGAPA BUKU IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PERLU DI TULIS?
BAB II KONSEP MODERASI BERAGAMA: PRINSIP, INDIKATOR, DAN POSISI MODERASI DI ANTARA IDEOLOGI RADIKALISME
DAN LIBERALISME
A. Konsep Moderasi Beragama
B. Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama
1. Tawassuth (Mengambil Jalan Tengah)
2. Tawazun (Berkeseimbangan)
3. I'tidal (Lurus dan Tegas)
4. Tasamuh (Toleransi)
5. Musawah (Egaliter)
6. syura (Musyawarah)
C. Indikator Moderasi Beragama
1. Komitmen Kebangsaan
2. Toleransi
3. Anti Radikalisme dan Kekerasan
4. Akomodatif Terhadap Budaya dan Lokal
D. Moderasi Diantara Ideologi Radikalisme dan Liberalisme
BAB III KEBIJAKAN MODERASI BERAGAMA PADA DIREKTORAK JENDRAL PENDIDIKAN ISLAM
A. Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama Kementrian Agama
B. Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
BAB IV PARAMETER MODERASI BERAGAMA PADA POKOK-POKOK AJARAN ISLAM
A. Iman, Islalm dan Ihsan
B. Hubungan Moderasi dalam Iman, Islam, dan Ihsan
1. Moderasi dalam Iman
2. Moderasi dalam Islam
3. Moderasi dalam Ihsan
C. Konsep Umat Terbaik (Khairu Ummah)
1. Kejujuran (ash-Shidqu)
2. Keadilan (al-'adalah)
3. Terpercaya dan Menepati Janji (al-Amanah wa al-wafa' bi al-ahdi)
4. Istiqamah (sustainability)
5. Saling Menolong (at-Ta'awun)
D. Menakar Toleransi: Wilayah Perbedaan dalam Islam
BAB V MODERASI BERAGAMA DALAM HUBUNGAN SESAMA MUSLIM
A. Persaudaraan Sesama Muslim
B. Menyikapi Perbedaan Pendapat
C. Beberapa Etika Pergaulan
1. Berucap salam dan Saling Mendoakan
2. Menesehati Sesama dengan Bijak
3. Menjaga Kehormatan Sesama Muslim
4. Menghormati yang Lebih tua, Menyayangi Yang Lebih Muda
5. Bergaul dengan Lawan Jenis yang bukan Mahram
6. Tidak Menyakiti Perasaan Muslim
7. Saling Membantu Urusan sesama Muslim
BAB VI MODERASI BERAGAMA DALAM HUBUNGAN ANTAR AGAMA
A. Penghormatan Terhadap Penganut Agama Lain
B. Ajaran Islam Mengenai Hablun Minan Nas
C. Islam Sebagai Rahmatab Lil Alamin
D. Mengembangkan Sikap Inklusif
E. Mencari titik Kesamaan
F. Pengalaman Muslim dalam Indonesia Dalam Keragaman
BAB VII MODERASI BERAGAMA DALAM BERNEGARA
A. Islam dan Kepemimpinan
B. Konsep Islam Tentang Negara
C. Ketaatan Terhadap Pemerintah
D. Spirit Piagam Madinah
E. Ukhuwah Wathaniyah dan Ajaran cinta tanah Air
BAB VIII PENGALAMAN MODERASI DI NUSANTARA
A. Jalan Dakwah Damai Islam Di Nusantara
B. Fakta Pluralitas sebagai Basis Moderasi Beragama
C. Keterbukaan Masyarakat Nusantara
D. Kearifan Lokal
1. Islam Mengakomodasi Kearifan Lokal
2. Kearifan Lokal Dalam Tradisi Pesantren
E. Praktik Keberagaman di Masa Kerajaan Islam
1. Startegi Kebudayaan Wali Songo
2. Praktik Moderasi Beragama Wali Song
3. Moderasi Beragama Kerajaan Banten
4. Moderasi Beragama di Lombok
5. Moderasi Beragama di Kesultanan Pasai
6. Praktik Beragama Sultan Agung
F. Penerimaan Umat Islam Terhadap Pancasila
BAB IX IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A. Gambaran Implementasi Beragama
B. Implementasi Moderasi pada Madrasah
1. Implementasi Moderasi pada RA
2. Implementasi Moderasi pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA)
C. Implementasi Moderasi Melalui Mata Pelajaran PAI Di Sekolah
D. Implementasi Moderasi di Pesantren dan Pendidikan Diniyah
E. Implementasi Moderasi pada Perguruan Tinggi
1. Implementasi Moderasi pada PTKI
2. Implementasi Moderasi Melalui Mata Kuliah PAI pada PT
3. Implementasi Moderasi Melalui Diniyah Takmiliyah Al-Jami'ah


Ketersediaan

2x73KARp2x7.3 KAR pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x7.3 KAR p
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
vii,176 hlm;20,5x14,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya