Image of Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional

Text

Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional



BAB I : PENDAHULUAN
A. Isu-Isu yang Berkembang Dewasa Ini
B. Lintasan Sejarah PAUD Di Indonesia
C. Latar Belakang & Tujuan Penyelenggaraan PAUD di Indonesia
D. Permasalahan Pendekatan Belajar & Calistung
BAB II : PANDANGAN TOKOH, HASIL STUDI & MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
A. Pendidikan Pestalozzi
B. Pendidikan Froebel
C. Pendidikan Montessori
D. Pendidikan Ki Hajar Dewantara
E. Pendidikan Yayasan Bersekolah pada Ibu
F. Kontribusi Studi Piaget
G. Kontribusi Vygotsky
H. Kontribusi Symilansky
I. Kontribusi Gardner
J. Model-Model Kurikulum
1. Kurikulum High/Scope
2. The Creative Curriculum Model
3. A Creative-Play Curriculum Model
BAB III: SIAPAKAH ANAK USIA DINI?
A. Periode Golden Age
B. Mengenali Perilaku Anak Usia Dini
C. Cara Belajar Berbeda
D. Peranan Lingkungan Sekitar Anak
E. Teori Perkembangan Anak Usia Dini
F. Tugas Perkembangan Anak Usia Dini
Hasil Observasi
G. Pengelompokan Tugas Perkembangan Menurut Usia
H. Development Appropriate Practice
BAB IV: ARTI DAN FUNGSI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI
A. Konsep Dasar Bermain
B. Bermain Sebagai Bagian dari Program PAUD
C. Teori-Teori Bermain
D. Peranan Guru Membantu Anak Usia Dini Bermain
E. Fungsi Bermain untuk Terapi & Konseling
BAB V : MEMAHAMI KEBUTUHAN DAN CARA BELAJAR ANAK USIA DINI
A. Kebutuhan Terkait Perkembangan
B. Kebutuhan Bermain
C. Belajar Bukan Sekadar Bisa Baca, Tulis, Hitung
D. Kebutuhan Berbeda dengan Suasana Rumah
E. Kebutuhan akan Cara Belajar Sendiri
F. Besarnya Peranan Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak
G. Masa Transisi Anak dengan Dunia Luar
H. Model PAUD Berbasis Budaya Lokal
BAB VI: MENGEMBANGKAN PROGRAM BELAJAR BAGI ANAK USIA DINI
A. Konsep Pengembangan Program
B. Prinsip-Prinsip Pengembangan Program C. Lingkup Pengembangan dan Materi Program
D Merencanakan Program Tahunan & Semester
BAB VII: KREATIVITAS & PENGEMBANGANNYA
A. Pendekatan Kreativitas
1. Pendekatan
2. Teori-Teori Kreativitas
3. Kreativitas sebagai Proses Belajar yang Dapat Dipelajari dan Dikembangkan
4. Hasil Penelitian Tentang Usaha Pengembangan Kreativitas AUD
B. Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD
1. Menjadi Guru Kreatif
2. Berpikir & Bersikap Kreatif
3. Kreativitas Guru dalam Mengemas Pembelajaran
4. Kreativitas Guru dalam Menyediakan Sumber Belajar Beragam
C. Merangsang Tumbuhnya Kreativitas AUD
BAB VIII: MENGEMAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
A. Latar Belakang
B. Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Karakter
1. Bukan Hal Baru
2. Prinsip-Prinsip Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara
C. Nilai-Nilai Mental atau Moral
1. Pengertian
2. Karakter Bangsa Indonesia
3. Pengembangan Karakter dalam Pendidikan
D. Pengembangan Karakter dalam PAUD
1. Klasifikasi
2. Prinsip-Prinsip
3. Lingkup Pengembangan
4. Butir-Butir Karakter dalam PAUD
5. Cara Mengembangkan Karakter dalam PAUD
6. Teknik Penilaian Pembelajaran Karakter
BAB IX: ASESMEN DAN EVALUASI PAUD
A. Asesmen PAUD
1. Pengertian
2. Tujuan Program Asesmen
3. Tahap Asesmen
4. Metode & Instrumen Asesmen
B. Penilaian PAUD
1. Pengertian, Fungsi, dan Prinsip-Prinsip Penilaian
2. Teknik Pengumpulan Data dalam Penilaian 3. Proses Penilaian
4. Laporan Penilaian Perkembangan Anak
BAB X: TEKNIK PERMAINAN KONSTRUKTIF (Block Building)
A. Konsep, Tujuan, dan Jenis Permainan Konstruktif
B. Permainan Balok (Block Building)
C. Teknik & Langkah Bermain Balok
D. Penelitian Masnipal tentang Permainan Balok (2008)
BAB XI: KOMPETENSI GURU PAUD
A. Istilah & Kualifikasi
B. Kualifikasi Kompetensi
C. Kompetensi Guru PAUD
D. Kompetensi Guru Pendamping & Pengasuh
E. Faktor Bakat & Pengalaman Praktik
F. Pergeseran Paradigma Peran Guru
BAB XII: PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS
A. Istilah & Konsep Anak Berkebutuhan Khusus
B. Mengenal jenis ABK
C. Penanganan ABK
D. Program Kegiatan Belajar
E. Program Individual/Kelompok Kecil


Ketersediaan

37221MASs372.21 MAS sPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.21 MAS s
Penerbit PT Elex Media Komputindo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x + 354 hlm ; 14,5 x 20,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-02-2106-9
Klasifikasi
372.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya